Biografi Tulus

Biografi Tulus singkat

Biografi Tulus – Siapa yang tidak jatuh cinta dengan suara merdu Tulus? Biografi Tulus bahkan semakin banyak yang mencarinya di internet. Sosok ini pernah didaulat menyanyikan lagu Indonesia Raya di panggung utama dalam even olahraga terbesar di Asia. Lebih tepatnya ketika ASEAN GAMES ke 18 di Gelora Bung Karno, Jakarta tahun 2018. Tulus Mendapatkan 50 penghargaan dalam bidang musik maupun sinematografi.

Siapa sangka, dibalik kesuksesannya sekarang, Tulus pernah dibully ketika kecil. Hal ini mungkin saja yang menginspirasinya menciptakan lirik lagu yang mendalam tentang bullying. Tulus dan lagunya memang terdengar ringan dan nyaman ketika didengarkan. Jadi, pantas saja jika album tulus selalu laku dipasar musik Indonesia.

 

Latar Belakang Keluarga

Lahir di Bukit Tinggi Sumatera Barat pada tanggal 20 Agustus 1987. Memiliki nama lengkap Muhammad Tulus. Tulus sendiri menjadi nama panggungnya saat ini. Tidak banyak yang diketahui tentang keluarga Tulus. Namun, Kakaknya diketahui bernama Riri Muktamar. Sekarang ia berkolaborasi dengan Tulus dalam perusahaan yang dibangun bersama bernama Tulus Company. Singkatnya, sang kakak Rini Muktamar yang mendukung Tulus meluncurkan album pertamanya.

Biografi Tulus
Gambar: entertainment.kompas.com

Tulus merupakan seorang Arsitek. Lulusan dari Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Latar belakang pendidikan Tulus ini tidak menjawab apa agama Tulus. Tercatat dalam biografi Tulus dan agamanya yang ia anut yakni Islam.

Terlepas dari latar belakang keluarga dan agamanya, tidak sedikit yang ingin mengetahui berapa tinggi badan Tulus. Menurut informasi yang valid, tinggi badan Tulus yakni 187 cm. Untuk ukuran orang Asia, tentu terbilang cukup tinggi. Dengan tubuh yang semakin proporsional membuat Tulus semakin terlihat gagah dan mempesona.

 

Siapakah Sosok Pacar Tulus?

Kini Tulus telah menjadi musisi ternama di Indonesia. Ini membuat sosoknya memiliki banyak penggemar. Semua hal seperti biografi Tulus, lagu Tulus, channel youtube Tulus bahkan hingga pacar Tulus pun menjadi hal yang di ulik oleh penggemarnya. Namun tidak ada konfirmasi resmi dari Tulus siapa pacarnya sekarang.

Dalam sebuah talkshow, Tulus justru tetap bungkam ketika ditanya dengan siapa ia berpacaran saat ini. Justru Tulus menjelaskan kriteria pasangannya. Tulus menyukai wanita Indonesia yang membuatnya nyaman dan nyambung ketika ngobrol. Selain itu, sang wanita juga mesti pintar dan mempunyai tinggi badan sesuai.

 

Kisah Masa Kecilnya

Memiliki tubuh gempal tidak selalu aman. Begitu juga yang dialami Tulus ketika kecil. Ia mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman-temannya. Sebab dirinya memiliki tubuh yang diatas rata-rata. Namun, hal tersebut tidak membuat Tulus menjadi anak yang cengeng. Justru hal itu menjadi pelecut semangat bahwa ia harus lebih baik dari teman-temannya itu.

Ibu adalah orang pertama yang mempengaruhi sikap dan sifat anak-anaknya. Begitu juga dengan Tulus. Suara lembut sang ibu ketika menjelang tidur menyusup dalam tidurnya. Kebiasaan ibu ketika mendendangkan syair mempengaruhi pikiran bawah sadarnya. Dan mengantarkan Tulus menjadi seperti sekarang ini. Ia menjadi doa dan sumber inspirasi bagi kesuksesannya sekarang.

Biografi Tulus singkat
Gambar: mediaindonesia.com

Kisah Tulus lainnya, ketika SD seorang gurunya bernama Bu Nur meminta untuk bernyanyi. Dan diluar dugaan ternyata Tulus memiliki suara yang bagus. Bu Nur sendiri merupakan guru seni suara ketika SD. Bagi Tulus, ada kalimat dari beliau yang selalu diingatnya sampai sekarang. Yaitu ‘Tulus bisa jadi penyanyi, jika mau’.

 

Kilas Balik Perjuangan Karir

Mimpinya dalam bermusik tumbuh subur. Namun, baru dapat terwujud ketika menempuh pendidikan S-1 Teknik Arsitekturnya. Mencoba bernyanyi dari panggung ke panggung ketika masa kuliah. Dan membentuk sebuah band bernama Sikui band ber aliran jazz.

Tulus memperkaya diri tentang musik dari Tony Bennett, Frank Sinatra, Crisye, Ruth Sahanaya dan Amy Winehouse. Hingga mampu membuat lagu pada tahun 2008 dari apa yang dirasakannya. Tulus mengembangkan karyanya melalui jalur indepensi. Di bawah naungan perusahaannya sendiri. Perjuangan karir musiknya inilah yang menjadi bahasan unik dan menginspirasi. Tidak heran rasanya jika banyak nitizen yang ingin mengetahui biografi Tulus penyanyi jazz ini.

3 Album Tulus Paling Populer

Bersama sang kakak Ia terus mengembangkan karya musiknya. Dibawah naungan perusahaan yg ia bangun bersama kakaknya pada tahun 2010. Perusahaan itu bernama Tulus Company. Memiliki dua divisi usaha yakni Tulus Managemen dan Tulus Production.

Dalam bergabung selama 8 tahun di Industri musik tanah air, Tulus telah menghasilkan 3 album. Inilah daftar album Tulus.

  • Album pertamanya berjudul ‘Tulus’ dirilis pada tahun 2011
  • Album Gajah pada tahun 2014
  • Dan terakhir album Monokrom di tahun 2017.

Banyak lagu-lagu Tulus yang sudah diperdengarkan ke ruang publik pada album-albumnya. Dan lagu pertama Tulus dalam single perdananya adalah lagu dengan judul Teman Hidup.

Daftar Penghargaan Tulus

Kini lelaki dengan tinggi badan 187 cm tersebut telah sukses sebagai satu-satunya penyanyi pendatang baru di Indonesia yang paling sukses. Tulus, penyanyi jazz ini nyatanya telah banyak menyabet perhargaan didunia musik tanah air.

Biografi Tulus lengkap
Gambar: lifestyle.sindonews.com

Lagu hingga album Tulus terbilang sangat populer. Berikut ini penghargaan-penghargaan yang pernah Tulus capai dari tahun ke tahun:

  • Tulus mendapatkan penghargaan Rockie of the Year dari majalah Rolling Stone Indonesia.
  • Disusul dengan kategori Lagu yang Paling Sering Diputar dari Ardan Radio Group Networks.
  • Di tahun 2014, Ia mendapat penghargaan dengan kategori Male Singer of The Year dari Indonesia Choice Awards 2014 (ICA) Netmediatama.
  • Kemudian Male Artist of The Year dari Anugerah Planet Muzik.
  • Bahkan dari Majalah HAI Tulus menyabet 3 penghargaan sekaligus yaitu Album of The Year, Best Song of The Year dan Best Male Singer of The Year.
  • Dari Majalah Tempo menambah daftar penghargaannya sebagai Top 9 Best Album of The Year.
  • Sebagai Best Album of The Year dari Rollng Stone Indonesia.
  • Dan The Shinning Star of 2014 dari Bintang Indonesia.
  • Di tahun 2015, Tulus didaulat sebagai Best Musician of The Year dalam Java Jazz Festival.
  • Diajang paling bergengsi yaitu AMI Awards 2015, Tulus bahkan membawa pulang 5 penghargaan sekaligus. Sebagi Penyanyi Pop Pria Terbaik, Penulis Lagu Pop Terbaik, Produksi Musik Best of the Best, Produksi Musik Best of the Best dan Album Best of the Best.
  • Dalam Dahsyatnya Awards 2015, Tulus membawa pulang penghargaan pada kategori Video Klip Ter-Dhasyat.
  • Diajang kawasan Asia tenggara yaitu Anugerah Planet Muzik Asia Tenggara. Tulus mendapatkan penghargaan sebagai The Best Collaboration (Song).
  • Male Singer of The Year didapatkan dari HAI Readers Poll Award.
  • Dan menutup tahun 2015 penghargaan terakhir yang didapat dari Path yakni dalam kategori Top 10 Song Path 2015 dengan 1000 Tahun Lamanya.
  • Masuk tahun 2016, dengan album Tulus yang ke tiga yakni ‘Monokrom’, ia berhasil mendapat Indonesia Choice Award 2016 (ICA)
  • Netmedia kembali menobatkan Tulus sebagai Male Singer of The Year.
  • Kemudian AMI Award 2016 menobatkannya sebagai Penyanyi Pop Pria terbaik.
  • Dari Social Media Award Majalah Marketing Tulus menyabet penghargaan sebagai Prominent Figure with Positive Sentiment in Social Media.
  • Top Male Artist 2016 dari Spotify Indonesia
  • Dalam Dahsyatnya Awards 2016, Tulus berhasil membawa pulang penghargaan pada kategori Video Klip Terdahsyat dengan lagunya berjudul Jangan Cintai Aku Apa Adanya.
  • Kategori Video Klip Terpilih dengan judul lagu Ruang Rindu diraih dari Piala Maya 2016.
  • Dan terakhir pada tahun 2016 dinobatkan sebagai Peringkat 10 Album Musik Terbaik 2016 dari Rolling Stone Indonesia
  • Tahun 2017 Tulus mendapat Male Singer of The Year. Album of The Year dengan album barunya berjudul Monokrom dan music Video of The Year dengan video musik yang berjudul Monokrom. Ketiga penghargaan tersebut dari Indonesia Choice Awards 2017 (ICA) Netmedia.
  • Mendapat penghargaan Ozclusive Ter-friendly dan Lagu Ter-friendly dengan judul lagu Pamit. Keduanya didaptkan dari OZ Radio Bandung Friendly Music Award 2017.
  • Favorite Male Singer dari JawaPos.com Reader Choice
  • Sebagai Penyanyi Favorit dalam Indonesia Kids Choice Award 2017 Global TV.
  • Best Pop Music Video dengan judul video musiknya yaitu Manusia Kuat dan Favorite Pop Male Singer dari Cornetto Pop Awards.
  • JOOX juga menobatkan Tulus sebagi The Most Streaming Artist 2017.
  • Diajang AMI Awards 2017, Tulus kembali meraih 6 penghargaan sekaligus. Yaitu kategori Artist Soul/R&B/Urban Terbaik , Album Soul/R&B/Urban Terbaik. Produser Album Rekaman Terbaik untuk Tulus Company & Ari Renaldi. Album Terbaik- Terbaik dari Albumnya Monokrom, Karya Produksi Terbaik- Terbaik. Dan terakhir Tim Produksi Suara Terbaik. Masih dengan album monokromnya.
  • Menutup tahun 2017 dengan penghargaan kategori Video Klip Terbaik dengan lagunya yang berjudul Manusia Kuat.

 

Dengan semakin banyaknya musisi-musisi baru di Indonesia. Nama Tulus masih menjadi musisi Indonesia yang masih diperhitungkan. Terbukti di tahun ini Tulus kembali membawa pulang berbagai penghargaan. Dari Dahsyatnya Awards 2018, Tulus menyabet 3 penghargaan sekaligus. Yaitu Solo Pria Ter-Dahsyat, Video Klip Ter-Dahsyat dengan judul lagunya Tukar Jiwa. Dan Lagu Ter-Dahsyat dengan lagu Monokrom- nya.

Menutup tahun 2018. Tulus kembali mendapat penghargaan dari Indonesia Choice Awards 2018 (ICA) Netmedia. Yaitu dalam kategori Music of The Year dengan video musiknya yang berjudul Manusia Kuat.

Dengan berbagai penghargaan karena karya-karyanya yang bagus. Sampai saat ini, banyak lagu-lagunya yang tersebar di berbagai media maya. Salah satunya adalah di media youtube. Situs resmi Tulus youtube dengan akunnya MusikTulus. Seluruh konten yang ada telah disaksikan dengan total sebanyak lebih dari 224.100.000 kali. Dengan subscribers sebanyak 486.674 pelanggan.

Itulah sekilas tentang kisah biografi Tulus hingga banyaknya penghargaan yang Tulus raih. Sebagai tanda kesuksesannya sebagai seorang musisi.

Biografi Raditya Dika

Dhimas V. R.
3 min read

Biografi Iwan Fals

Dhimas V. R.
4 min read

Biodata Nissa Sabyan

Dhimas V. R.
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *