Biografi Tokoh Indonesia

Biografi Tokoh Indonesia – Indonesia dibangun di atas perjuangan tiada henti yang dilakukan oleh jutaan pejuang. Dari situlah muncul tokoh tokoh yang tidak hanya disegani bangsa Indonesia, tetapi juga disegani oleh pihak luar.

Karya karya mereka, ataupun setiap gerak gerik mereka memberikan arti dan kontribusi tersendiri bagi Indonesia. Mereka adalah orang yang ikut bagian dalam memajukan serta yang mewarnai kehidupan Indonesia.

Banyak kisah inspiratif yang bisa kita temui pada buku biografi tokoh Indonesia. Mulai dari biografi tokoh Indonesia singkat hingga lengkap.

Kisah hidup mereka juga sangat inspiratif, hingga juga mendorong semangat juang bagi generasi setelahnya. Tak heran jika mereka masih dikenang dan menjadi panutan bagi generasi Indonesia pada saat ini.

Siapa sajakah mereka dan bagaimana inspirasi yang di dapat dari kisah mereka akan dipaparkan pada ulasan tentang biografi tokoh Indonesia berikut ini.

BiografiSoekarno

Yang pertama adalah biografi Ir. Soekarno yang merupakan tokoh paling terkenal di Indonesia. Ir Soekarno bahkan masuk dalam daftar biografi tokoh Indonesia yang mendunia.

Biografi Soekarno
Gambar : historia.id

Beliau merupakan seorang pahlawan nasional yang membacakan teks proklamasi kemerdekaan sekaligus menjadi Presiden Indonesia yang pertama. Bung Karno, begitu ia akrab disapa lahir di Surabaya tanggal 6 Juni 1901 dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai.

Beliau terlahir dengan nama Kusno Sosrodihardjo dan kemudian diubah menjadi Soekarno saat berusia 5 tahun karena sering sakit.

Soekarno lulus dari Technische Hoogeschool atau yang sekarang dikenal dengan ITB tanggal 25 Mei tahun 1926 dan mendapat gelar Ir. Lalu beliau mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) untuk tujuan merdeka tanggal 4 Juli 1927.

Hal inilah yang menyebabkan Ir. Soekarno ditangkap dan dimasukkan ke penjara Sukamiskin Oleh Belanda. Setelah bebas, bung Karno bergabung dan menjadi ketua Partai Indonesia, sehingga kemudian kembali di penjara.

Pada saat pemerintahan Jepang, pihak Jepang mengumpulkan tokoh nasional untuk mereka manfaatkan, termasuk diantaranya adalah Bung Karno. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Bung Karno untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Sampai akhirnya Ir. Soekarno membacakan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus tahun 1945. Tak hanya terkenal di Indonesia, bahkan biografi tokoh Indonesia mendunia karena mempersatukan Asia, Afrika dan Amerika lewat konferensi Asia-Afrika.

BiografiRa Kartini

Selanjutnya adalah biografi Ra Kartini, seorang pahlawan pejuang hak hak perempuan di Indonesia. Kartini lahir pada tanggal 17 September tahun 1879 di kota Rembang dan merupakan anak dari seorang Adipati Jepara bernama R.M Ario Sosroningrat.

R A Kartini
Gambar: satujam.com

Beliau anak ke lima dari sebelas bersaudara. Semua perjuangannya bermula dari saat Kartini masih remaja.

Pada saat Kartini berusia 12 – 16 tahun, ia hidup di dalam pingitan. Pada saat itu, ia banyak menghabiskan waktu dengan membaca serta mengirim surat pada sahabat-sahabatnya di Belanda.

Dari sinilah timbul keinginan untuk memperjuangkan persamaan hak antara laki laki dan perempuan. Setelah menikah, Kartini mendirikan sekolah khusus gadis di Jepara pada 8 November 1908, selain itu juga mendirikan sekolah di Rembang.

Kartini meninggal di usia yang cukup muda, yaitu pada usia kurang lebih 25 tahun. Kartini meninggal empat hari setelah melahirkan anaknya yang pertama, tepatnya pada 17 September 1904. Kartini dimakamkan di tanah kelahirannya, yaitu kota Rembang.

Perjuangan beliau diabadikan dalam Biografi tokoh Indonesia yang menginspirasi. Hal ini memudahkan kita meneladani karakter dan perjuangan beliau pada masanya.

Biografi Bj Habibi

Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan presiden Indonesia yang ke-tiga sekaligus presiden dengan masa jabatan paling singkat, yaitu selama 1 tahun 5 bulan. B.J Habibie menjadi presiden menggantikan Soeharto yang lengser karena tuntutan rakyat.

Biografi BJ Habibie Singkat
Gambar: netralnews.com

Beliau berhasil menjadi ahli pesawat pertama yang dimiliki Indonesia. Biografi tokoh Indonesia yang inspiratif ini sampai sampai diangkat ke layar lebar.

Ayah dari B.J Habibi bernama Alwi Abdul Jalil Habibie, seorang ahli pertanian keturunan Bugis, Gorontalo. Sementara itu Ibunya bernama A. Tuti Marini, seorang wanita jawa. B.J Habibie lahir di Pare Pare, Sulawesi Selatan pada 26 Juni 1936, anak ke 4 dari 8 orang anak.

Namun hanya beliaulah yang mampu mencapai puncak karir hingga menjadi Presiden.

B.J Habibie tertarik dengan mesin semenjak berada di SMAK, sehingga memutuskan kuliah di ITB. Beliaupun melanjutkan pendidikan di RWTH Aachen Jerman pada 1954-1965 hingga mendapatkan gelar Doktor dengan predikat cum laude.

Kecerdasan dari B.J Habibie membuat pihak Jerman memberikan visa seumur hidup padanya.  Setelah lulus, beliau mengukir karir di perusahaan penerbangan bernama Messerschmitt-Bölkow hingga menjadi wakil Presiden.

B.J Habibie kembali ke Indonesia setelah hampir 20 tahun di Jerman karena permintaan Presiden Soeharto pada 1973. Beliaupun menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (1987-1998)  dan ketua umum ICMI.

Kemudian menjadi wakil presiden sebelum akhirnya diangkat menjadi presiden setelah Soeharto lengser. Jabatannya yang singkat menua kontroversi, salah satunya adalah karena melepaskan Timor Timor yang dianggap tergesa gesa.

Biografi ChairilAnwar

Biografi tokoh Indonesia selanjutnya berasal dari dunia sastra, yaitu Chairil Anwar sang pujangga legendaries Indonesia. Dia dilahirkan di Medan pada tanggal 26 Juli 1922 dan merupakan anak tunggal dari ayahnya yang bernama Toeloes dan Ibunya Saleha. Sang ayah merupakan mantan Bupati Indragiri.

Biografi Chairul Tanjung Singkat
Gambar: finansialku.com

Chailir Anwar memulai pendidikan dasarnya di HIS atau sekolah orang pribumi pada masa pemerintahan Belanda.  Dilanjutkan dengan masuk ke MULO, sekolah menengah pertama pada masa pemerintahan penjajah Belanda dan keluar sebelum lulus.

Dia mula menulis puisi mulai saat remaja, tetapi puisi puisi itu tidak pernah ditemukan. Saat menginjak usia ke 19 tahun, ia pindah ke Jakarta dengan sang ibu setelah orang tuanya bercerai dan disana ia mulai mengenal sastra.

Chairil Anwar mulai terkenal setelah tulisannya dimuat oleh Majalah Nisan di tahun 1942 dan saat itu dia masih berusia 20 tahun. Hampir semua puisi puisinya  selalu mengarah pada kematian dan ditulis pada kertas murah di masa pemerintahan Jepang.

Saat Chairil Anwar menjadi penyiar radio Jepang, dia bertemu dan jatuh cinta pada seorang wanita bernama Sri Ayati. Namun, hingga wafatnya ia tidak pernah mengungkapkan perasaannya itu.

Choiril Anwar mempunyai kondisi fisik yang lemah akibat dari gaya dari kehidupannya yang tak karuan. Dia terserang sejumlah penyakit di usianya yang belum genap dua puluh tujuh tahun. Dia meninggal karena terserang TBC dan dimakamkan di pemakaman umum Karet Bivak Jakarta.

DaftarFilm Tentang Tokoh IndonesiaPaling Populer

Film biografi tokoh dunia tentu banyak dijumpai akhir – akhir ini. Indonesia pun tidak mau kalah dalam memproduksi film inspiratif yang diangkat dari kisang nyata para tokoh.

Banyak kisah heroik dibungkus menjadi tontonan yang apik guna menyebarkannya ke masyarakat luas, maka diangkatlah menjadi sebuah film. Berikut adalah beberapa film biografi tokoh Indonesia.

  • Gie (2005), film yang diperankan oleh Nicholas Saputra ini menceritakan tentang Soe Hok Gie, seorang aktivis era ’60-an. Dia mempunyai jalan pikiran sendiri hingga sering berdebat dengan gurunya.
  • Sang Pencerah (2010), menceritakan kisah Ahmad Dahlan, pendiri dari organisasi Muhammadiyah
  • Habibie dan Ainun (2012), menceritakan tentang B.J Habibie, Presiden ke 3 Indonesia, serta istrinya Ainun yang menjadi dokter. Ada juga sekuel film ini dengan judul Rudy Habibie yang focus pada masa muda B.J Habibie.
  • Soekarno (2013), tentang perjuanagn sang proklamator
  • Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014), tentang perjuangan pengusaha muda sukses asal Indonesia bernama Merry Riana.

Tokoh tokoh Indonesia tersebut memberikan kontribusi penting terhadap Negara ini. Walaupun beberapa diantara mereka sudah tiada, namun biografi tokoh Indonesia tersebut tetap dikenang oleh generasi selanjutnya. Tugas kita adalah meneruskan perjuangan mereka untuk memajukan negeri ini.