Biografi Tere Liye

Biografi Tere Liye Singkat

Biografi Tere LiyeBagi pecinta Novel tentu tidak asing dengan penulis kenamaan Tere Liye. Salah satu penulis Indonesia yang buku-bukunya selalu menjadi best seller di pasaran. Bahkan beberapa bukunya sudah difilmkan.

Siapa sangka, dahulu untuk menerbitkan bukunya saja, Tere Liye harus merasakan banyak penolakan dari penerbit. Jika anda mengetahui biografi Tere Liye, tentu anda bisa memahami sebanyak apa pengorbanan beliau sebelum se-sukses sekarang.

Latar Belakang

Lahir di Lahat, Lampung pada 21 Mei 1979 dengan nama asli Darwis. Merupakan anak dari pasangan petani sederhana yang tumbuh dan dewasa di pedalaman Sumatera. Memilik ayah bernama Pasai dan Ibu bernama Nursam.

Biografi Tere Liye
Gambar : idntimes.com

Tere Liye sendiri merupakan anak keenam dari 7 bersaudara. Sejak kecil Tere Liye telah bersahabat dengan kesederhanaan. Menjadikannya sosok yang bersahaja. Hal tersebut terlihat dari kehidupannya yang sederhana dan selalu rendah hati.

Tere Liye menempuh pendidikan pertama di SD Negeri 2 Kikim. Dan melanjutkan pendidikan menengah pertamanya di SMP Negeri 2 Kikim yang masih berlokasi di kabupaten Lahat.

Sedangkan ketika menempuh sekolah menengah atas, Tere Liye memilih melanjutkan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Kemudian Tere Liye melanjutkan pendidikan-nya di fakultas ekonomi Universitas Indonesia.

Tere Liye memiliki Istri bernama Riski Amelia. Lahir dari pasangan ini, anak laki-laki bernama Abdullah Pasai dan anak perempuan bernama Faizah Azkia.

 

Makna Nama Pena Darwis

Jika anda adalah penggemar Novel, tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa Novel best seller dimana authornya yang terpampang di sampul Novel tersebut adalah Tere Liye. Tere Liye sendiri merupakan nama pena yang disematkan oleh Darwis di setiap buku-bukunya.

Biografi Tere Liye Lengkap
Gambar : rosasusan.com

Menurut Darwis Tere Liye, nama pena Tere Liye berasal dari bahasa India. Dimana nama tersebut ter inspirasi dari judul lagu film india “Veer Zaara”. Para pembaca pun mungkin sempat mengira, penulis Novel bernama Tere Liye ini memang berasal dari India.

 

Buku – Buku Tere Liye

Darwis Tere Liye telah menghasilkan lebih dari 30 buku yang sudah diterbitkan dan tersebar di berbagai toko buku di Indonesia. Diantaranya adalah :

  • Hafalan Sholat Delisa (2005),
  • The Gogons : James & The Incredible Insident (2006),
  • Rembulan Tenggelam di wajahmu (2006),
  • Moga Bunda di Sayang Allah (2006),
  • Kisah Sang Penandai (2006),
  • Bidadari-Bidadari Surga (2008),
  • Senja Bersama Rosie (2008),
  • Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin (2010),
  • Pukat (2010),
  • Sepotong Hati Yang Baru (2010),
  • Eliana (2011),
  • Ayahku Bukan Pembohong (2011),
  • Kau Aku dan Sepucuk Angpau Merah (2012),
  • Berjuta Rasanya (2012),
  • Amelia (2013),
  • Bumi (2014),
  • Burlian (2014),
  • Dikatakan atau tidak dikatakan itu Tetap Cinta (2014),
  • Bulan (2015),
  • About Love (2015),
  • Pulang (2015),
  • Tentang Kamu (2016),
  • Matahari (2016)
  • Hujan (2016),
  • Bintang (2017),
  • About Love (2017),
  • About Friends (2017),
  • Harga Sebuah Percaya (2018),
  • Ceros & Batozar (2018),
  • Komet (2018),
  • Pergi (2018).

 

Karya Terbaru

Dan yang paling baru, menambah jumlah buku karya Tere Liye berjudul “Si Anak Cahaya”. Yang dirilis pada tanggal 22 Desember 2018 kemarin. Tersedia di toko buku besar di pulau jawa. Dan akan di distribusikan di luar jawa pada Januari tahun ini.

Di akhir September tahun 2017, tersiar kabar bahwa Tere Liye telah memutuskan untuk menghentikan menerbitkan buku-bukunya lagi. Hal tersebut dilakukan karena menurut Tere Liye, adanya ketidakadilan perlakukan pajak yang dibebankan kepada para profesi penulis.

Seperti yang tercantum dalam postingan di laman facebooknya. Namun, penggemar Novel Tere Liye tidak perlu khawatir, karena di tahun 2018 lalu Tere Liye telah kembali untuk meramaikan jagat literasi di Indonesia dan akan menelurkan empat buku terbarunya.

Agar pembaca setia buku-buku Tere Liye tidak ketinggalan infonya bisa langsung ikuti Laman Facebook Tere Liye

 

Perjalanan Karir

Perjalanan karir menulis Darwis Tere Liye bukanlah perjalanan yang mudah dan mulus. Selama menjalani profesi menulisnya selama lebih dari 12 tahun dan menerbitkan kurang lebih 30 buku karyanya. Tidak sedikit aral melintang.

Biografi Tere Liye Singkat
Gambar : ugetuget.com

Salah satu buku karya Tere Liye yang berjudul “Hafalan Shalat Delisa” yang pernah difilmkan. Dahulu, pernah di tolak oleh sebuah penerbit. Karena dianggap tidak akan laku di pasaran. Namun, takdir berkata lain. Bahkan buku Novel tersebut menyabet predikat best seller.

Selain ditolak oleh penerbit, beberapa Novel karya Darwis Tere Liye tidak laku di pasaran. Karena menurut Darwis Tere Liye Novel tersebut salah judul. Namun, setelah fase salah judul tersebut, justru Tere Liye semakin di kenal banyak orang.

 

Penghargaan Sebagai Novelis

Buku-buku karya Tere Liye sendiri telah menyabet berbagai penghargaan. Salah satunya adalah buku dengan judul Rindu yang mendapat penghargaan dalam Islamic Book Award Tahun 2015 pada kategori fiksi dewasa.Kemudian, beberapa buku karyanya yang masuk dalam best seller. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Novel Sequel Bumi, Bulan, Matahari dan Bintang

Novel Bumi sendiri terbit pada tahun 2014. Merupakan sequel pertama dari beberapa seri yang berisi tentang science fiction. Kemudian di susul seri berikutnya yaitu bulan di tahun 2015, matahari 2016 dan bintang pada tahun 2017.

Novel matahari yang merupakan sequel ke tiga dari Novel bumi ini memiliki tebal sebanyak 400 halaman. Mendapatkan skor 4,3 di goodreads. Merupakan skor yang tergolong memuaskan. Sedangkan Novel bintang serial bumi yang ke empat memperoleh skor 4,32 di googreads.

  1. Novel Hujan

Novel Hujan terbitan GPU ini mendapat respon yang luar biasa dipasaran. Bahkan penerbit telah mencetak ulang sebanyak lebih 20 kali. Sehingga Novel huja ini meraih predikat sebagai Novel best seller.

Novel ini dirilis pada januari 2016 yang menceritakan tentang cinta, perahabatan, perpisahan dan hujan itu sendiri.

  1. Novel Pulang

Salah satu Novel populer lainnya yang banyak di cari adalah Novel dengan judul Pulang. Memiliki tebal sebanyak 400 halaman ini dirilis pada tahun 2015. Menempati skor 4,33 di goodreads.

  1. Novel Hafalan Shalat Delisa

Inilah Novel yang memiliki kisah unik. Novel yang bercerita dengan latar bencana tsunami di Aceh silam. Mengisahkan tentang seorang anak yang menjadi korban tsunami. Uniknya, Novel inilah yang pernah ditolak oleh penerbit karena takut tidak laku.

Dan yang terjadi adalah sebaliknya. Novel ini laku keras di pasaran. Dan dijadikan sebuah film. Keunikan lainnya adalah belum selesainya Novel ini, dikarenakan penulis sudah tidak ada ide lagi. Akhirnya Novel ini diakhiri dengan kalimat TAMAT tepat di angka 50.000 kata.

  1. Novel Tentang Kamu

Jika sekilas kita membaca judul tersebut, tentu kita akan berfikir bahwa buku tersebut berisi tentang roman picisan. Padahal di dalamnya bercerita tentang perjalanan seorang pemuda yang bekerja di sebuah firma hukum yang berada di luar negeri.

Yang kemudian mendapatkan klien orang indonesia. Di mulai dari persahabatan hingga penghianatan. Tulisan-tulisan di dalamnya sangat mengalir dan terlihat begitu nyata.

Novel dengan tebal 524 halaman ini mendapatkan skor 4,51 di goodreads.

Dan tentu saja masih ada beberapa buku best seller karya Tere Liye lainnya. Penghargaan terbaru yang di raih oleh Darwis Tere Liye dibidang literasi adalah kategori Writer Of The Year dari IKAPI pada tahun 2016.

Atas kegigihan dan produktifitasnya dalam dalam menerbitkan sejumlah buku dan beberapa buku diantaranya meraih predikat best seller.

Itulah sekilas biografi Tere Liye. Penulis yang terkenal misterius karena jarang sekali biografi-nya di dapatkan dari media. Dan jika anda mengamati, dari setiap Novel beliau tidak mencantumkan identitas bahkan foto nya.

Biografi Joko Widodo

Dhimas V. R.
3 min read

Biografi Ridwan Kamil

Dhimas V. R.
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *