Biografi Sandiaga Uno

Biografi Sandiaga Uno Singkat

Biografi Sandiaga Uno – Nama Sandiaga Uno akhir-akhir ini kian populer dilingkungan. Khususnya di jagat perpolitikan di indonesia. Jika dulu, Sandiaga Uno dikenal sebagai pengusaha muda yang sukses.

Kini, beliau juga terkenal di dunia politik karena berhasil memenangkan pilkada DKI Jakarta 2017 sebagai wakil dari gubernur Anies Baswedan. Bagi anda yang belum mengetahui mengenai Sandiaga Uno. Berikut ini biografi Sandiaga Uno yang akan dijelaskan secara lengkap.

 

Latar Belakang

Sandiaga Uno atau Sandi Uno merupakan nama populer dari nama asli Sandiaga Salahudin Uno. Beliau merupakan pengusaha muda yang cukup ternama di Indonesia yang lahir pada tanggal 28 Juni 1969 di Rumbai, Pekan Baru.

Biografi Sandiaga Uno Lengkap
Gambar : harianjogja.com

Karena kesuksesan itulah, Sandiaga Uno kerap diundang untuk mengisi acara-acara seminar dan memberikan pembekalan mengenai kewirausahaan atau entrepreneurship. Khususnya bagi para pemuda.

Baru-baru ini, namanya semakin melejit setelah beliau berhasil memenangkan pilkada DKI Jakarta 2017 sebagai Wagub dari Anies Baswedan. Bisa dibilang, mulai dari sinilah, Sandiaga Uno mulai aktif dan berkiprah didunia perpolitikan. Kariernya di dunia politik terbilang cukup melejit.

Tidak perlu waktu lama, Sandiaga Uno berhasil menancapkan jejak di dunia politik. Dan kini, digandeng Prabowo Subianto, ketua umum partai gerindra untuk menjadi bakal calon wakil presiden di Pilpres 2019 yang akan datang.

 

Perjalanan Karir

Selain dunia politiknya, hal menarik lain yang perlu anda ketahui dari biografi sandiaga uno yaitu kisah perjalanan usaha yang kini membawanya menjadi seorang miliarder.

Percaya atau tidak, sebelum sampai di titik ini, Sandiaga Uno sempat menjadi seorang pengangguran ketika perusahaan tempat beliau bekerja bangkrut. Namun tidak patang arang, bersama Rosan Roeslani, rekan semasa SMAnya.

Sandiaga Uno mencoba bangkit dengan mendirikan sebuah perusahaan dibidang keuangan, yaitu PT Saratoga Advisor. Dari perusahaan itulah, Sandiaga Uno mulai merintis kesuksesannya hingga berhasil tercatat sebagai orang terkaya ke-29 di indonesia pada tahun 2009 dalam majalah Forbes.

Selain membangun perusahaan bersama Rosan Roeslani. Karena keakrabannya dengan keluarga soeryadjaja, mendorong Sandiaga Uno mendirikan perusahaan bersama anak William, Edwin Soeryadjaja untuk mendirikan perusahaan investasi PT Saratoga Investama Sedaya.

 

Perusahaan 

Pendirian perusahaan saratoga juga terbilang gemilang. Perusahaan ini memiliki saham besar di PT Adaro Energy Tbk. Dan merupakan perusahaan batu bara terbesar kedua yang memiliki cadangan 928 juta ton batu bara di Indonesia.

Biografi Sandiaga Uno Singkat
Gambar : news.rakyatku.com

Meskipun pendirian perusahaan tersebut diakui Sandiaga Uno, sebagai bentuk keterpaksaan tepatnya ketika beliau benar-benar berada di titik krisis. Namun, perusahaan tersebut malah membawanya menjadi seorang miliarder.

Dalam berbagai cerita atau biografi Sandiaga Uno singkat, menjelaskan bahwa krisis yang sempat beliau alami dulu justru menjadi sebuah berkah yang luar biasa bagi keluarga beliau. Khususnya istri dan anak Sandiaga Uno.

Biografi Sandiaga Uno dalam perintisan perusahaan itu dimulai Sandiaga Uno dengan cara membeli perusahaan yang sudah di ujung tanduk atau hampir bangkrut. Dan berada dalam perawatan BPPN, kemudian berganti PPA.

Dari sana, Sandiaga Uno kemudian menjual kembali perusahaan yang telah dirinya beli setelah perusahaan yang beliau beli sudah cukup stabil, dan menghasilkan keuntungan.

 

Prestasi Di Dunia Bisnis

Dari bisnis sebelumnya, nama Sandiaga Uno perlahan mulai mencuat dan mewarnai dunia bisnis Indonesia. Dalam waktu singkat saja, Sandiaga Uno berhasil terlibat dalam pembelian maupun refinancing berbagai perusahaan. Seperti Mengakuisisi Adaro, BTPN, hingga hotel Grand Kemang.

Dari kesuksesan itu pula, Sandiaga Uno mendapatkan gelar MBA dari The George Washington University dan di Indonesia versi Globe Asia, berhasil masuk dalam kategori orang terkaya ke-63. Dengan catatan kekayaan mencapai USD 245 juta.

 

Riwayat Sekolah dan Pengalaman Kerja

Sebelum berhasil sampai puncak kejayaan karirnya. Pada masa kecilnya, Sandiaga Uno juga sempat mengenyam beberapa pendidikan sekolah formal. Biografi Sandiaga Unodalam riwayat pendidikannya, dimulai dari sekolah dasar atau SD PSKD Bulungan. Dilanjutkan ke SMPN 12 Wijaya, dan kemudian bersekolah di SMA Pangudi Luhur.

Menginjak masa kuliahnya beliau kembali melanjutkan studinya dan lulus dari Bachelor Of Business Administration, The Wichita State University, Kansas, AS pada tahun 1990. Kemudian melanjutkan pendidikan kembali ke Master of Business Administration, The George Washington Univ, Washington, AS dan lulus pada tahun 1992.

Setelah kelulusan tersebut, beliau sempat beberapa kali bekerja. Adapun beberapa perusahaan yang pernah mempekerjakan Sandiaga uno, anatara lain:

  1. Mei 1990 sampai 1993, Summa Group, Jakarta
  2. Juli 1993 sampai Agustus 1994, Seapowet Asia Invectment Limited, Singapura
  3. Mei 1994 sampai Agustus 1995, MP Holding Limited, Calgary, Canada
  4. September 1995 sampai April 1998, NTI Resources Limited, Calgary, Canada
  5. April 1998 sampai saat ini, PT Sartoga Investama Sedaya

 

Perjalanan Karir Politik

Diperjalanan karirnya, Sandiaga Uno sempat beberapa kali bekerja di beberapa perusahaan. Tentunya sebelum beliau mendirikan perusahaan miliknya sendiri yaitu PT Sartoga Investama Sedaya. Jauh dari pada itu, Sandiaga Uno juga melesat dan mulai masuk dalam dunia politik.

Biografi Sandiaga Uno
Gambar : tribunnews.com

Karirnya di dunia politik diawali dengan terpilihnya beliau, menjadi wakil gubernur jakarta mewakili Anies Baswedan. Melihat kiprahnya di dunia politik yang baru sebentar. Tentu pencapaian dengan memenangkan pilkada 2017 lalu merupakan prestasi karir yang sangat cemerlang.

Ditambah lagi, akhir-akhir ini karir politiknya kembali memuncak. Setelah dirinya ditunjuk Prabowo Subianto, yang merupakan ketua partai gerindra untuk menjadi wakil presiden. Mendampingi Prabowo dalam pemilihan presiden 2019 mendatang.

Sejauh ini, karir Sandiaga Uno memang begitu cemerlang. Bukan hanya dalam hal perusahaan. Namun juga cemerlang di dunia politik. Untuk karir bisnisnya saja, Sandiaga Uno telah berhasil menyabet beberapa penghargaan yang cukup banyak.

Seperti penghargaan Indonesia Entrepreneur of The Year pada tahun 2008, masuk dalam golongan orang terkaya urutan ke 150 dalam versi globe Asia pada tahun 2009.

Masuk dalam golongan orang terkaya urutan ke 37 di indonesia yang dimuat oleh majalah forbes pada tahun 2011 lalu, dan yang terakhir kembali masuk kedalam golongan orang terkaya urutan ke 63 di indonesia dalam versi Globe Asia.

Dari sana sudah bisa disimpulkan bahwa karir beliau dalam bisnis patut diacungkan jempol. Karena kesuksesan itu pula, seringkali Sandiaga Uno juga sering diundang untuk menjadi pembicara dalam sebuah seminar untuk memberikan ilmu bisnisnya pada anak muda.

Seperti yang telah dijelaskan pada poin awal, bahwa pembekalan mengenai kewirausahaan atau enterpreneurship itu diajarkan untuk semua orang. Khususnya bagi para pemuda.

Hal tersebut dimaksudkan agar pemuda indonesia bisa mengetahui mengenai kewirausahaan dan berhasil sukses seperti dirinya. Mengingat pada saat ini, di indonesia orang sukses dengan usianya yang masih relatif muda yaitu dibawah 40 tahun cukup sedikit.

Sehingga bisa dikatakan suami dari Nur Asia. Dan juga Ayah dari Aneesha Atheera Uno, Amyra Atheefa, dan Sulaiman Saladdin Uno termasuk dari salah satu miliarder muda yang sulit ditemukan di Indonesia.

Biografi Joko Widodo

Dhimas V. R.
3 min read

Biografi Ridwan Kamil

Dhimas V. R.
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *