Biografi Ridwan Kamil

Biografi Ridwan Kamil – Bagi masyarakat Bandung, Ridwan Kamil merupakan sosok pemimpin yang telah berhasil membawa perubahan baik dalam masa kepemimpinan beliau.

Tidak heran jika banyak masyarakat yang menyukai beliau bahkan tidak sedikit yang terinspirasi sosok yang menjabat sebagai gubernur jawa barat itu. Banyak penghargaan Ridwan Kamil didapatkan melalui inovasi – inovasi di kota kembang.

Sebelum sampai di titik puncak kesuksesan tersebut. Kehidupan pernah meletakkan Ridwan Kamil dititik proses. Dan dari proses masa lalu Ridwan Kamil inilah artikel ini mencoba mengupas kisah ispiratif dengan membentuknya sebagai sebuah biografi. Berikut pembahasan mengenai biografi Ridwan Kamil tersebut.

Latar Belakang & Keluarga

Ridwan Kamil atau yang juga dikenal sebagai Emil merupakan anak kedua dari pasangan Atje Misbah Muhjiddin dan Tjutju Sukaesih, yang lahir pada tanggal 4 oktober 1971.

Biografi Ridwan Kamil Singkat
Gambar: jadiberita.com

Sosok yang akrab disapa Kang Emil ini menikah dengan wanita pujaannya yakni Atalia Praratya. Dari pernikahannya dengan Atalia Praratya, Kang Emil dikaruniai dua putra.

Bapak dari Ridwan Kalil Camilia Laetitia Azzahra dan Emmiril Khan Mumtadz ini merupakan tokoh walikota yang berhasil membawa perubahan Bandung.

Di masa kecil beliau, Ridwan Kamil memang merupakan anak yang senang berimajinasi, menyukai komik, dan juga melihat berbagai foto dari berbagai kota yang berada di luar negeri.

Semangat kewirausahaan beliau juga telah muncul sejak kecil. Hal tersebut terlihat saat beliau tidak malu menjual es mambo yang telah beliau buat sendiri ketika bersekolah di SDN Banjarsari lll Bandung.

Riwayat Pendidikan dan Prestasi Ridwan Kamil

Ridwan Kamil juga dikenal sebagai sosok yang cerdas dan juga aktif di sekolah. Mulai dari aktif di OSIS, Paskibra, klub sepak bola, dan menariknya keaktifan Emil tidak membuat prestasi akademiknya merosot. Bahkan dia masih berhasil masuk dalam rangking lima besar di kelasnya.

Seusai kelulusannya dari SDN Banjarsari III Bandung pada tahun 1984. Ridwan Kamil melanjutkan sekolahnya di tahun SMP Negeri 2 Bandung. Dan kemudian masuk di SMA Negeri 3 Bandung pada tahun 1987 hingga 1990.

Tidak sampai di sana, Ridwan Kamil kemudian melanjutkan studinya dan kuliah di Institute Teknologi Bandung dan mengambil jurusan teknik arsitektur dari tahun 1990 hingga kelulusannya tahun 1995.

Masa Lalu Ridwan Kamil di Amerika

Tidak hanya di masa kecilnya saja, sejarah biografi Ridwan Kamil juga menuliskan bahwa di masa mudanya, beliau juga termasuk sosok pemuda yang aktif. Terbukti dengan aktifnya beliau pada kelompok-kelompok mahasiswa dan juga unit kegiatan seni ketika menjadi seorang mahasiswa.

Biografi Ridwan Kamil Lengkap
Gambar: matamatapolitik.com

Ridwan Kamil muda juga semakin menampakkan jiwa kewirausahaannya. Dengan membuat ilustrasi cat air atau maket untuk dosen, Ridwan Kamil mencoba mencari dana untuk tambahan uang kuliahnya. Kegigihan tersebut, semakin hari semakin berbuah manis bagi ridwan.

Berkat kegigihan tersebut, saat kelulusannya dari ITB, beliau berhasil bekerja di Amerika Serikat. Meskipun pada waktu itu, pekerjaannya hanya mampu bertahan selama empat bulan. Dan ridwan memilih berhenti karena dampak krisis moneter indonesia membuat klien tidak membayar pekerjaan yang telah beliau lakukan.

Dalam kondisi tersebut, ridwan mencoba bertahan di Amerika serikat hingga akhirnya mendapatkan beasiswa di University of California, Berkeley. Tidak semudah itu, ketika mengambil S2 di universitas tersebut.

Ridwan Kamil mencoba bekerja di Departemen kota Berkeley untuk memenuhi kehidupan sehari-harinya. Bahkan pada waktu itu, menu makanan sehari-hari beliau hanya seharga 99 sen.

Tidak sampai disitu, perjuangan hidup beliau kembali diuji ketika istri Ridwan Kamil yaitu Atalia Praratya akan melahirkan anak pertama mereka. Beliau yang tidak memiliki uang pada waktu itu, harus mengakui bahwa dirinya miskin pada pemerintah kota setempat untuk mendapatkan pengobatan gratis.

Karena pengakuan tersebut, akhirnya istrinya diperbolehkan melahirkan di sebuah rumah sakit khusus orang miskin di bangsal rumah sakit. Meskipun melalui perjuangan yang sangat keras tersebut.

Namun Ridwan Kamil menganggap bahwa perjalanan hidup tersebut merupakan sebuah pelajaran yang membentuk nilai-nilai perjuangan hidup.

Prestasi Setelah Kembali ke Tanah Air

Ridwan Kamil dan keluarga pulang kembali ke Indonesia pada tahun 2002. Setelah kepulangan tersebut, dua tahun setelahnya beliau mendirikan Urbane. Yaitu sebuah firma yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitektur, dan juga desain.

Pada masa itu, Ridwan Kamil juga aktif menjabat sebagai prinsipal PT. Urbane Indonesia. Dan menjabat sebagai dosen tidak tetap pada jurusan teknik arsitektur Institut Teknologi Bandung.

Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga menjadi Senior Urban Design Cosultant SOM, Edaw (Hongkong dan san Francisco) dan juga sebagai SAA (Singapura).

Urbane sendiri mulai ridwan bangun bersama temannya yaitu Achmad D. Tardiyana, Reza Nurtjahja, dan juga Irvan W. Darwis pada tahun 2004. Pada saat itu, beliau mencoba membangun reputasi internasional dengan mengerjakan proyek-proyek di luar Indonesia.

Mulai dari Syria Al Noor Ecopolis yang berada di negara Syria dan Szhou Financial Districk yang berada di China.

Urbane didirikan dengan tim profesional muda yang kreatif dan memiliki idealis untuk mencari dan menciptakan solusi mengenai masalah-masalah desain lingkungan dan perkotaan.

Bukan hanya itu, urbane juga memiliki projek berbasis komunikasi dalam urbane project komunitas. Dimana visi dan misinya yaitu membantu orang yang berada dalam komunitas perkotaan untuk memberikan donasi dan juga keahlian dalam meningkatkan daerah sekitarnya.

Dari semua kualitas urbane itulah, penghargaan demi penghargaan berhasil didapatkan. Misalnya penghargaan dari media internasional seperti BCI Asia Award yang berhasil didapatkan tiga tahun berturut-turut mulai dari tahun 2008 hingga 2010.

Dan juga penghargaan BCI Green Award di tahun 2009 atas projek desain rumah botol yang dibuat dengan botol bekas.

Prestasi-prestasi lain yang berhasil didapatkan oleh urbane yaitu :

  1. juara 1 dalam kompetisi desain museum tsunami di Nangro aceh Darussalam pada tahun 2007,
  2. juara 1 dalam kompetisi desain kampus 1 universitas Tarumanegara pada tahun 2007,
  3. juara 1 dalam kompetisi desain fakultas ilmu budaya di universitas indonesia pada tahun 2009,
  4. juara 1 dalam kompetisi desain sanggar nagari di kota baru Parahyangan di kabupaten Bandung barat
  5. juara 1 pada kompetisi desain pusat seni dan sekolah seni di universitas indonesia pada tahun 2009.

Karirnya Sebagai Walikota Bandung

Akhir-akhir ini nama Ridwan Kamil memang mulai terkenal di masyarakat. Tepatnya pada tahun 2013 lalu ketika beliau dicalonkan menjadi walikota Bandung oleh partai PKS dan Gerindra.

Biografi Ridwan Kamil
Gambar: tribunnews.com

Dan kemudian berhasil memenangkan pilkada 2013 Bandung itu dengan Oded Muhammad sebagai wakil wali kota yang berpasangan dengan beliau.

Setelah resmi dilantik pada tanggal 16 september 2013, pasangan Ridwan Kamil dan Oded Muhammad Daniel mencoba memimpin bandung dengan membuat banyak gebrakan baru. Salah satu gebrakan yang dilakukan Ridwan Kamil yaitu dalam sistem pelayanan publik serta tat kota bandung.

Bicara mengenai desain, Ridwan Kamil juga menerapkan inovasi ramah lingkungan pada hunia beliau. Rumah Ridwan Kamil ini bahkan pernah mendapatkan predikat sebagai Green Desain Award.

Banyak kemajuan yang terjadi pada kota bandung selama beliau menjabat sebagai walikota. Hal itulah, yang akhirnya membuat Ridwan Kamil berhasil meraih penghargaan dan terpilih sebagai salah satu walikota terbaik di Indonesia.

Partai Yang Mendukung Karir Politiknya

Prestasi Ridwan Kamil dalam bidang karir politiknya tidak sampai pada jabatan walikota. Karena banyaknya prestasi yang beliau dapatkan akhirnya partai PPB, PKB, Partai Nasdem, dan Partai Hanura mencoba mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat dengan UU Ruzhanul Ulum sebagai wakilnya.

Dan lagi-lagi pada tahun 2018, Ridwan Kamil berhasil memenagkan beliau dan UU Ruzhanul Ulum sebagai gubernur dan juga wakil gubernur Jawa Barat. Dan resmi dilantik pada bulan september tahun 2018. Seperti yang kita ketahui, Ridwan Kamil ini merupakan sosok gubernur yang sangat aktif di sosial media.

Bersama dengan istrinya, beliau terlihat selalu kompak terjun langsung berbaur dengan masyarakat. Banyak yang berpendapat bahwa sang gubernur dan istrinya begitu terlihat serasi.

Tak ayal banyak pula nitizen yang mencari informasi biodata istri Ridwan Kamil melalui sosial media. Terlepas dari semua masa lalu Ridwan Kamil, prestasi Ridwan Kamil maupun kehidupan rumah tangganya, kita bisa mencontoh sisi baik sosok yang satu ini.