Biografi Raditya Dika

Biografi Raditya Dika – Siapa yang tidak mengenal sosok yang satu ini. Cerdas, humoris, seorang sutradara dan juga seorang penulis. Buku-bukunya banyak yang menjadi best seller. Kisah dalam bukunya juga banyak yang diangkat menjadi film. Sebagai Raditya Dika komika, ia adalah komedian yang mumpuni.

Lawakannya selalu segar dan mengundang tawa penonton. Tubuhnya yang gempal seringkali ia jadikan bahan lawakan. Tinggi Raditya Dika 1,6 meter. Kiprahnya tidak hanya menjadi seorang komika, ia memulai karirnya dari seorang blogger. Blog Raditya Dika yang asli yakni radityadika.com.

Latar Belakang & Keluarga Raditya Dika

Dalam Biografi Raditya Dika. Disebutkan ia lahir di Jakarta pada tanggal 28 Desember 1984. Raditya Dika adalah anak tertua dari lima bersaudara. Merupakan anak yang terlahir dari pasangan Joeslin Nasution dan Tetty Nasution.

Biografi Raditya Dika
Gambar: krjogja.com

Inilah deretan nama-nama saudara Raditya Dika:

  1. Kianty Yunaztia Putri Nasution
  2. Gianty Yunaztia Putri Nasution
  3. Yudhita Asih Putri Nasution
  4. Edgar Romando Asa Putra Nasution

Pendidikannya di tempuh mulai dari sekolah dasar. Raditya Dika melanjutkan sekolah menengah pertamanya di SMP Tarakanita Jakarta. Kemudian melanjutkan sekolah menengah umumnya di SMU 70 Bulungan.

Radit juga sempat berkuliah di Adelaide University, Australia. Dan pendidikan selanjutnya yang ia tempuh adalah berkuliah di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas Indonesia.

Masa Kecil Raditya Dika

Nama kecil Raditya Dika adalah Dika Angkasaputra Moerwani. Uniknya nama yang kini menjadi nama keberuntungannya adalah nama yang ia ganti sendiri ketika SD.

Ceritanya bermula ketika Radit kelas empat SD, ia meminta kepada ibu Raditya Dika untuk mengganti namanya menjadi Raditya Dika. Lucunya ketika ia diminta pihak sekolah untuk mengisi formulir biodata siswa untuk keperluan ijazah.

Ia juga memakai nama Raditya Dika. Padahal nama yang tertera di akte kelahiran adalah Dika Angkasaputra Moerwani.

Pun ketika SMP, karena tidak ada cross chek dengan akta kelahiran. Nama yang ditulis di ijazah adalah Raditya Dika. Mengikuti nama ijazah ketika SD. Begitu pula ketika dewasa, ia tetap menggunakan nama Raditya Dika. Seperti yang tertera pada KTP dan SIM nya yang menggunakan nama Raditya Dika.

Hingga pada suatu saat, ketika Radit hendak kuliah  diluar negeri, barulah terjadi masalah. Ketika mereka meminta ijazah dan akte kelahiran Raditya Dika untuk dicocokkan. Dan ternyata tidak sesuai.

Demikian juga yang terjadi dengan paspor dan tiket pesawat. Hingga akhirnya dibuatlah halaman khusus pada paspor Raditya Dika. Halaman untuk nama alias dan disahkan oleh badan imigrasi.

Keluarga Baru Raditya Dika

Kini, Raditya Dika telah membangun keluarga kecilnya. Bersama Anissa Aziza yang resmi menjadi suami istri. Banyak yang tidak menyangka bahwa Anissa Aziza ini akhirnya menjadi istri Raditya Dika. Pertemuan mereka berawal dari syuting film Raditya Dika.

Biografi Raditya Dika Lengkap
Gambar:hiburan.rakyatku.com

Mereka melangsungkan Menikah dengan Anissa Aziza pada tanggal 5 Mei 2018.  Mereka berdua tengan menunggu momen kebahagiaan selanjutnya. Baru – baru ini, melalui Raditya Dika Youtube, dikabarkan Anissa sedang mengandung anak pertamanya.

Daftar Buku Raditya Dika

Sebagai seorang penulis, Raditya Dika terkenal dengan karya-karyanya yang berbeda. Ia selalu menyematkan nama hewan disetiap judul novelnya. Bagi Radit keunikannya inilah yang menjadi poin utamanya dalam dunia ke-penulisan. Dan berikut beberapa judul buku Raditya Dika yang telah diterbitkan.

  1. Kambing Jantan 2005
  2. Cinta Brontosaurus 2006
  3. Radikus Makan Kakus 2007
  4. Kambing Jantan : sebuah komik pelajar bodoh 2008
  5. Babi Ngesot : Datang Tak Diundang, Pulang Tak Beruang 2008
  6. Tolong Radit Membuat Saya Bego 2008
  7. Marmut Merah Jambu 2010
  8. Manusia Setengah Salmon 2011
  9. Koala Kumal 2015
  10. Komik dari Twitnya Raditya Dika 2016
  11. Ubur – Ubur Lembur 2018.

Bukan hanya buku, sebagai seorang aktor dan sutradara Raditya Dika juga telah menghasilkan beberapa film yang populer. Film-film Raditya Dika tersebut kebanyakan berasal dari buku yang telah ia tulis.

Inilah deretan film Raditya Dika. Target 2018, The Guys 2017, Hangout 2016, Koala K2016, Single 2015, Malam Minggu Miko Movie 2014, Marmut Merah Jambu 2014, Manusia Setengah Salmon 2013, Cinta Dalam Kardus 2013, Cinta Brontosaurus 2013, Maling Kutang 2009, Kambing Jantan 2009.

Kilas Balik Perjalanan Karir Raditya Dika

Perjalanan karir Raditya Dika terbilang unik. Ia memulai karir menulisnya dimulai dari sebuah blog miliknya. Blog Raditya Dika dulu bernama kambingjantan.com. blog tersebut kini telah berganti nama menjadi radityadika.com.

Pernah ketika itu Raditya Dika meraih penghargaan Indonesia Blog Award dan penghargaan bertajuk online lainnya yaitu Inspiring Award 2009 dari Indosat.

Hal tersebut mendorong Radit untuk mencetak tulisan-tulisan yang ada diblognya untuk dibukukan. Dan menawarkannya ke beberapa penerbit. Seperti penulis-penulis besar lainnya, di awal selalu mendapat penolakan.

Kemudian ia menawarkan naskah buku tersebut ke penerbit Gagasmedia. Meskipun dengan presentasi terlebih dahulu namun, akhirnya naskah tersebut diterima.

Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh, menjadi buku pertama yang mengangkat namanya. Berisi kisahnya sendiri yang ia tulis ketika masih berkuliah di universitas Adelaide, Australia.

Biografi Raditya Dika Singkat
Gambar: hipwee.com

Kemudian ditahun-tahun berikutnya disusul oleh buku-buku karyanya. Dan tentu saja, sebagai ciri khas dari Raditya Dika selalu menyematkan nama hewan pada judul bukunya.

Sukses sebagai seorang penulis membuatnya semakin populer. Karir perjalanannya membawanya pada dunia entertainment. Buku pertamanya yang berjudul kambing jantan  sukses diangkat menjadi film layar lebar. Bahkan di film tersebut Radith dipilih langsung menjadi aktor dan pemeran tokoh utamanya.

Dari film itulah radit mulai dikenal sebagai entertainer. Hal tersebut membawanya berlanjut pada film-film layar lebar lainnya maupun pengisi acara-acara di televisi. Kesuksesan Radit didunia hiburan semakin tak terbendung.

Salah satu yang turut melambungkan namanya adalah dirinya seorang comic. Setiap lawakannya sangat mumpuni, selalu segar dan renyah. Dan beberapa sumber menjadikannya sebagai salah satu dari tujuh orang penggebrak dunia stand up comedy di Indonesia.

Sebagai seorang yang milenial, Raditya Dika juga memiliki banyak akun jejaring sosial dan youtube. Di akun facebook miliknya, Raditya Dika memiliki liker sebanyak 4,7 M. Di twitter memiliki follower sebanyak 15,8 M.

Di akun instagaram memiliki 10 M pengikut. Dan di youtube Raditya Dika memiliki subscriber sebanyak 4,4 M. Jika ditotal maka akan ada 35 M jumlah pengikutnya. Tidak heran jika Raditya Dika begitu populer di media sosial.

Penghargaan Raditya Dika

Sebagai salah satu generasi muda Indonesia yang aktif menghasilkan karya-karya yang segar dan kreatif. Menjadikan Raditya Dika sebagai penerima penghargaan Indonesia Choice Award for Creative and Innovative Person of the Year pada tahun 2015 dan 2017.

Penghargaan lainnya yang ia terima adalah penghargaan kategori Internasional World Intellectual Property Award (WIPO) dibidang kreativitas dari Kementrian Hukum dan HAM tahun 2017.

Di ajang Infotainment nama Raditya Dika juga masuk dalam nominasi penerima penghargaan Infotainment Award. Dan keluar sebagai pemenang pada kategori selebritis yang paling ditunggu tahun 2017.

Kemudian, salah satu karya miliknya yaitu Marmut Merah Jambu the Movie. Membawanya meraih sebuah penghargaan dalam kategori Movie Of The Year tahun 2015 yang di gelar NET TV dalam tajuk Indonesian Choice Awards 2015.

Karena kepopulerannya di media Youtube, Raditya Dika pun memperoleh penghargaan Youtube Partner Rewards 2012 dan sekaligus menyematkan namanya sebagai orang pertama yang memperoleh penghargaan ini.

Itulah sekilas biografi Raditya Dika secara singkat. Perjalanan karirnya dari menjadi penulis blog hingga sukses di dunia entertain Indonesia. Semoga menginspirasi kita untuk selalu kreatif dalam berkarya.

Isi Konten: