Biografi Prabowo

Biografi Prabowo Lengkap

Biografi Prabowo – Prabowo Subianto atau yang lebih populer dengan nama Prabowo merupakan ketua umum sekaligus pendiri dari partai Gerindra. Beliau lahir di Jakarta, pada tanggal 17 Oktober 1951.

Prabowo merupakan putra dari pasangan Prof Soemitro Djojohandikusumo dan Dora Marie Sigar. Banyak pelajaran hidup yang tentuya bisa kita ambil dari biografi Prabowo. Sedikit banyak, sosok Prabowo ini menjadi salah satu tokoh militer berpengaruh di Indonesia.

Tidak hanya eksis dalam dunia militer, Prabowo juga melebarkan sayap merambah dunia politik.  Sosok yang kini akan maju dalam Pilpres tahun 2019 mendatang ini memiliki nama lengkap Prabowo Subianto Djojohandikusumo.

Selain termasuk salah satu tokoh politik. Beliau juga dikenal sebagai orang yang memiliki pengalaman dibidang militer dan juga seorang pengusaha.

 

Prabowo Dalam Dunia Militer

Akhir-akhir ini, tepatnya setelah Prabowo Subianto mulai terjun dalam dunia politik. Nama beliau mulai naik dan dikenal masyarakat. Setelah gagal pada Pilpres tahun 2004, 2009, dan tahun 2014 lalu.

Biografi Prabowo Singkat
Gambar: asiasentinel.com

Kini, Prabowo Subianto kembali mencalonkan dirinya sebagai calon presiden bersama Sandiaga Uno yang kini menjadi wakil gubernur jakarta.

Diusianya yang baru 67 tahun perjalanan biografi Prabowo terbilang cukup panjang. Beliau sempat beberapa kali melewati fase-fase kehidupan yang begitu menarik untuk diketahui.

Mulai kehidupan Prabowo Subianto dikehidupan militernya, mengenai kesuksesan perusahaan Prabowo Subianto, dan juga mengenai dunia politik yang beliau geluti.

Dalam biografi Prabowo, silsilah keluarga Prabowo Subianto memang dibahas cukup jelas. Istri Prabowo bernama Siti Hediati Hariyadi. Dari pernikahan ini, beliau dikaruniai putra bernama Didit Prabowo.

H Prabowo Subianto ini sebenarnya juga memiliki tiga saudara yaitu Hashim Djojohadikusumo, Maryani Djojohadikusumo, dan Bianti Djiwandono.

 

Latar Belakang & Keluarga

Membahas biografi seseorang tanpa mengetahui keluarga dari tokoh yang ingin diulik lebih dalam tentu akan terasa kurang lengkap. Apalagi jika biografi yang anda baca merupakan biografi dari tokoh yang anda suka.

Oleh karena itu, selain perjalanan hidup Prabowo, Pada kali ini, silsilah keluarga Prabowo Subianto juga akan dibahas dengan jelas. Biografi Prabowo dari silsilah keluarganya yaitu Prabowo Subianto merupakan anak dari seorang pakar Ekonomi Indonesia pada zaman Ir Soekarno dan soeharto.

Yaitu Prof Soemitro Djojohandikusumo, yang merupakan ayah beliau. Sedangkan ibu Prabowo berasal dari Manado yaitu Dora Marie Sigar.

 

Mengetahui Agama Prabowo dan Keluarganya

Prabowo Subianto dibesarkan dari orang tua yang memiliki keyakinan yang berbeda. Ayah Prabowo menganut agama islam. Sedangkan ibunya memiliki keyakinan kristen protestan dan katolik.

Biografi Prabowo
Gambar: lensfakta.com

Prabowo Subianto sendiri memiliki kepercayaan yang sama dengan ayahnya yaitu agama islam. Sedangkan saudaranya yang lain mengikuti kepercayaan yang dianut ibunya yaitu kristen protestan dan katolik.

Masuk dalam silsilah keluarga Prabowo. Beberapa biografi Prabowo menjelaskan bahwa beliau adalah cucu dari Raden Mas Margono yang merupakan pendiri dari Bank Indonesia. Dan juga salah satu anggota BPUPKI kemerdekaan Indonesia.

Dalam keluarga, Prabowo merupakan anak ketiga dari dari 4 bersaudara. Nama saudaranya yaitu, Bintianingsih dan Mayrani Ekowati yang merupakan kakak perempuan beliau. Dan Hashim Djojohandikusumo yang merupakan adik Prabowo.

 

Mengetahui Riwayat Pendidikan Prabowo

Pada usia 5 tahun Prabowo Subianto mulai menempuh pendidikan. Dimasa kecilnya itu, beliau memulai pendidikannya di sekolah Sumbangsih yang terletak di Jakarta. Kehidupan Prabowo yang berpindah-pindah memaksa beliau berpindah sekolah beberapa kali.

Pada perpindahan pertamanya pada tahun 1957, Prof Soemitro Djojohandikusumo membawa Prabowo dan semua keluarganya pindah ke  Pandang dengan menumpang Dakota DC-3 ketika terjadi pemberontakan PRRI.

Pada saat itu, pendidikannya dipindahkan ke British Elementary School, Singapura. Setelah ayahnya kembali memboyong Prabowo dan semua keluarganya ke Singapura pada tahun 1958.

Ketika Prof Soemitro Djojohandikusumo dicurigai Ir Soekarno telah terlibat dalam aksi pemberontakan PRRI tersebut.

Namun belum begitu lama. Ayah Prabowo Subianto kembali diboyong beliau dan keluarganya untuk pindah ke Hongkong pada tahun 1962. Tepatnya saat politik negara singapura yang bergejolak dan lebih memilih menjaga hubungan baik dengan presiden Soekarno.

Dari perpindahan keduanya itu, Prabowo Subianto kembali didaftarkan oleh ayahnya di Glenealy Junior School. Perpindahan Prabowo tidak sampai disitu. Prabowo dan keluarga kembali di boyong ke Kuala lumpur, Malaysia.

Dan beberapa sumber yang membahas mengenai biografi Prabowo menyebutkan beliau bersekolah di Voctoria Institute pada saat itu.

Perpindahan ayah Prabowo ke Kuala Lumpur, Malaysia ternyata bukan pilihan yang tepat. Karena setelah perpindahan tersebut, tepatnya pada tahun 1963. Terjadi konfrontasi antara Malaysia dan Indonesia.

Meskipun sering melakukan penentangan terhadap presiden Soekarno. Namun, pada konfrontasi tersebut, Prof Soemitro Djojohandikusumo melakukan pembelaan terhadap Indonesia secara terang-terangan.

 

Kehidupan Prabowo di Eropa

Akhirnya setelah peristiwa tersebut. Prabowo Subianto muda dan keluarganya kembali berpindah ke Zurich, Swiss. Perpindahan Prabowo yang kesekian kalinya kembali membuat sekolah yang ditempuh juga berpindah.

Biografi Prabowo Lengkap
Gambar: theasianobserver.news

Kali ini, beliau kembali didaftarkan di American International School. Pada saat inilah, Prabowo Subianto mulai belajar bahasa Jerman dan Prancis.

Beberapa saat, masalah baru kembali muncul. Pada saat itu pemerintah Swiss menolak suaka politik dari ayah Prabowo dan keluarganya. Yang akhirnya, memaksa Prof Soemitro Djojohandikusumo untuk berpindah kembali ke Inggris.

Pada masa itu, negara Inggris lah yang telah memberikan Prabowo dan keluarga izin tinggal permanen di sana.

Mendapatkan jaminan tersebut, Prabowo Subianto akhirnya bisa kembali melanjutkan pendidikannya di Amerika International School sampai tahun 1968. Sebelum kemudian kembali berpindah ke Indonesia.

 

Perjalanan Karir

Prabowo Subianto muda memulai karirnya pada tahun 1970. Pada saat itu, Prabowo mulai membangunnya dengan cara masuk dalam akademi Militer Magelang yang berhasil beliau tempuh hingga tahun 1974.

Tak lama setelah kelulusan tersebut, pada tahun 1976 Prabowo mendapatkan tugas sebagai bagian dari operasi Tim Nanggala di Timor Timur sekaligus menjadi komandan pleton para komando Grup I Komando Pasukan Sandhi Yudha atau Kopassandha.

Biografi Prabowo berlanjut dengan pernikahannya dengan anak presiden Soeharto yaitu Titiek Soeharto. Dan memiliki satu anak yaitu Didit Prabowo. Karir Prabowo Subianto pada waktu itu kian melejit.

Puncaknya, pada tahun 1983, beliau berhasil menjadi wakil komandan detasemen 81 penanggulangan teroris (Gultor) komandan pasukan khusus TNI AD atau Kopasus.

 

Prabowo Di Dunia Politik

Sebenarnya, karir Prabowo di dunia militer cukup gemilang. Sayangnya, beliau sempat tersandung beberapa masalah hingga menjadi jenderal yang diselimuti berbagai kontroversi.

Pada puncaknya, atas instruksi Habibie akhirnya Prabowo Subianto diberhentikan dari posisinya sebagai panglima kontras oleh Wiranto.

Setelah pemberhentian tersebut, Prabowo Subianto memulai karirnya menjadi seorang pengusaha kertas yang beliau bangun di Mangkajang, Kalimantan Timur. Dan beberapa tahun belakangan, Prabowo Subianto mulai melebarkan sayapnya di dunia politik.

Beberapa kali, beliau mencalonkan dirinya sebagai presiden. Dan pada tahun 2019 ini, beliau kembali maju di Pilpres bersama Sandiaga Uno sebagai wakil.

Adapun perjalanan karir yang dijalani Prabowo Subianto yaitu antara lain:

  1. Pada tahun 2004, Prabowo Subianto mencalonkan diri sebagai Capres dari partai Golkar
  2. Pada tahun 2009, Prabowo Subianto mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden menjadi pendamping Megawati, dari partai Gerindra
  3. Pada tahun 2014, Prabowo Subianto mencalonkan dirinya sebagai calon presiden dengan memilih Hatta Rajasa sebagai wakil presidennya
  4. Dan pada tahun 2019 ini, Prabowo Subianto kembali maju sebagai calon presiden pada Pilpres tahun 2019 mendatang. Dengan Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden.

Biografi Joko Widodo

Dhimas V. R.
3 min read

Biografi Ridwan Kamil

Dhimas V. R.
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *