Biografi Joko Widodo

Biografi Joko Widodo Lengkap

Biografi Joko Widodo – Ir. H. Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan Jokowi merupakan presiden ke 7 Republik Indonesia. Beliau lahir di kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961.

Jokowi menjadi presiden Republik Indonesia semenjak Oktober 2014. Jabatan Jokowi sebelumnya adalah Gubernur DKI Jakarta serta Walikota Surakarta. Nama Jokowi mula dikenal masyarakat luas setelah ia menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan wakilnya Ahok.

Jokowi bukanlah seseorang yang berasal dari keluarga kaya, melainkan hanya keluarga sederhana. Bahkan, beliau pernah mengalami penggusuran sebanyak 3 kali sewaktu beliau masih kecil.

Namun hal itu tak menyurutkan semangatnya hingga Jokowi berhasil lulus dari Universitas Gajah Mada, tepatnya dari Fakultas Kehutanan. Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang presiden kita ini, mari simak biografi Joko Widodo berikut ini.

 

Latar Belakang dan Keluarga 

Jokowi dilahirkan oleh seorang ibu yang bernama Sudjiatmi dengan sang ayah yang bernama Noto Mihardjo. Beliau merupakan anak pertama dari empat bersaudara dan beliau juga satu satunya anak laki laki dalam keluarga.

Biografi Joko Widodo Singkat
Gambar: mediaindonesia.com

Semua adiknya perempuan yang bernama Iit Sriyantini, adiknya yang kedua bernama Ida Yati dan adik terakhirnya bernama Titik Relawati.

Presiden ke 7 ini menikah dengan sang istri yang bernama Iriana yang kemudian dikenal dengan Iriana Joko Widodo. Pernikahan tersebut terjadi pada tahun 1986 di Solo. Dari pernikahannya tersebut, Jokowi mempunyai tiga orang anak, dengan dua orang putra dan seorang putri.

Anak pertamanya bernama Gibran Rakabuming Raka, anak keduanya bernama Kahiyang Ayu, dan Anak terakhirnya bernama Kaesang Pangarep.

 

Masa Kecil Joko Widodo

Dahulu, pada saat beliau masih anak anak, Jokowi mempunyai nama kecil, yaitu Mulyono. Kehidupannya yang begitu kekurangan membuat Jokowi bekerja mulai dari saat beliau masih duduk di bangku SD.

Mulai dari berdagang, kuli panggul, bahkan hingga ojek payung pernah beliau coba demi mendapatkan uang. Rupiah yang diperolehnya itu digunakan untuk keperluan sekolah dan juga uang saku sehari hari.

Tak hanya sampai disitu saja kesulitan dan perjuangan Jokowi kecil, tetapi ia juga harus berjalan kaki ke sekolah saat teman temannya mengayuh sepeda. Jokowi juga belajar menjadi ahli tukang kayu dari sang ayah hingga ia menjadi pengrajin kayu saat berusia 12 tahun.

Karena pernah mengalami penggusuran sebanyak 3 kali, membuat beliau memahami perasaan keluarga yang digusur. Sehingga beliau tau apa yang harus dilakukan untuk menertibkan sebuah pemukiman ketika beliau sudah menjadi Wali Kota.

 

Kiprah Jokowi di Dunia Bisnis

Joko Widodo menempuh pendidikan tingginya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Hal tersebut merupakan kesempatan bagus bagi Jokowi karena beliau bisa mempelajari lebih dalam soal kayu dan pemanfaatannya.

Biografi Joko Widodo
Gambar: sumbartoday.com

Setelah lulus kuliah, Jokowi bekerja di PT. Kertas Kraft Aceh dan kemudian ditempatkan di Hutan Pinus Merkusi. Tetapi beliau merasa tidak betah sehingga memutuskan untuk kembali ke istrinya yang saat itu tengah hamil tujuh bulan.

Kegemarannya di bidang kayu membuatnya bertekad untuk mula berbisnis dibidang yang ia geluti semenjak kecil tersebut. Awalnya Jokowi bekerja di CV Roda jati milik sang paman yang bernama Miyono untuk mengumpulkan pengalaman.

Akhirnya Jokowi muda mencoba memberanikan diri untuk mendirikan usaha sendiri pada tahun 1988 dengan nama CV Rakabu. Nama tersebut diambil dari nama anaknya sendiri.

Usahanya ini mengalami naik turun sebagaimana kebanyakan usaha lainnya hingga berada di masa kejayaan. Tetapi sempat turun drastis saat beliau mengalami penipuan, yaitu kayu pesanan tidak dibayar sehingga beliau mengalami kerugian.

Dengan modal pinjaman dari sang ibu sebesar 30 juta, akhirnya Jokowi bangkit kembali pada tahun 1990. Semangat juang inilah yang membuat biografi Joko Widodo menjadi menarik dan inspiratif.

Usahanya mengalami perkembangan yang cukup bagus hingga membawanya bertemu dengan Micl Romaknan. Micl merupakan orang yang memberikan panggilan popular kepada Joko Widodo, yaitu Jokowi.

Karena kerja keras dan kejujurannya, Jokowi mendapatkan kesempatan untuk keliling Eropa. Kota di Eropa yang diatur dengan baiknya membuat Jokowi juga berkeinginan untuk menerapkannya di Solo, serta membuatnya tertarik ke dunia politik.

 

Kilas Balik Karir di Bidang Politik

Karir Jokowi di dunia politik diawali dengan menjadi Walikota Surakarta.  Beliau diusung oleh PDI-P dan juga PKB dan berhasil menang dengan persentase suara sebesar 36,62%.

Dengan berbagai pengalaman yang telah ia dapatkan sebelumnya, Jokowi mencoba menata ulang kota yang sebelumnya kurang layak. Kota Solo pun mengalami perkembangan yang cukup signifikan hingga disorot oleh berbagai pihak.

 

Terobosan Dibawah Kepemimpinan Jokowi

Beberapa hal yang Jokowi lakukan saat menjadi walikota adalah memperkenalkan bus Batik Solo Trans dan peremajaan kawasan Slamet Riyadi serta kawasan Ngarsoputro. Selain itu, Joko Widodo dikenal memanusiakan manusia lewat pendekatannya merelokasi para pedagang kaki lima.

Kota Solo mula banyak disorot hingga menjadi tuan rumah beberapa acara Internasional. Oleh karenanya pada periode selanjutnya Jokowi kembali terpilih menjadi Wali Kota dengan persentase lebih dari 90%.

Biografi Joko Widodo Lengkap
Gambar: analisadaily.com

Tahun 2012 Jusuf Kalla meminta kepada Jokowi agar dirinya berkenan dicalonkan menjadi Gubernur DKI Jakarta. Saat itu Jokowi dipasangkan dengan Basuki Tjahaya Purnama atau yang lebih dikenal dengan Ahok.

Saat itu, pada putaran pertama pasangan calon Jokowi Ahok tidak diunggulkan. Namun hasil pemungutan suara cepat pada perputaran pertama menunjukkan Jokowi Ahok unggul di posisi pertama disusul Paslon Fauzi Bowo – Nachrowi Ramli.

Pada pemilihan putaran kedua ini banyak diwarnai dengan praktek kampanye hitam. Banyak tuduhan tuduhan miring yang ditujukan kepada kepada kedua pasangan calon yang lolos.

Bahkan pertempuran politik tidak hanya terjadi di dunia nyata, melainkan merambat hingga dunia maya. Banyak sekali isu isu yang bermunculan menjelang pemungutan suara putaran kedua.

Setelah hasil pemungutan suara putaran kedua keluar, maka Jokowi Ahok ditetapkan sebagai pemenangnya setelah unggul dengan perolehan 53,81% suara. Pada masa awal ia menjabat, Jokowi mendahulukan menjalankan program bantuan sosial dengan mengeluarkan Kartu Jakarta Sehat serta Kartu Jakarta Pintar.

Setelah itu menjalankan program perbaikan saluran air yang disebut dengan JEDI. Jokowi juga berfokus untuk transportasi massal, seperti MRT Jakarta, menambahkan jumlah Transjakarta.

Karena berbagai program dan sepak terjangnya sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta, banyak yang menginginkannya menjadi calon presiden. PDI-P pun menjawab permintaan tersebut dengan mengusung Jokowi menjadi calon presiden yang dipasangkan dengan Jusuf Kalla.

Dan akhirnya pda pemilihan umum 2014, Jokowi terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia.

 

Apa Kepercayaan atau Agama Jokowi?

Ada hal yang menarik yang terjadi menjelang pemilihan presiden yang diselenggarakan tahun 2014 itu. Tersebar sebuah isu yang mempertanyakan perihal agama Jokowi, walau gelar Haji sudah ada di namanya.

Akibatnya di dunia maya netizen ramai mempertanyakan hal tersebut. Menanggapi isu yang tersebar itu, Jokowi menegaskan jika agama yang ia anut dan ia percayai adalah islam

Demikianlah sedikit ulasan mengenai biografi Joko Widodo sang presiden ke 7 Republik Indonesia. Banyak hal yang bisa kita ambil dari kisah Jokowi, salah satunya adalah saat kita berjuang tidak ada yang tidak mungkin. Bahkan pengusaha kayu dengan kerja kerasnya bisa sampai menjadi presiden.

Biografi Ridwan Kamil

Dhimas V. R.
4 min read

Biografi Merry Riana

Dhimas V. R.
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *