Biografi Ir Soekarno

Biografi Ir Soekarno – Ir Soekarno merupakan sosok yang sangat berjasa bagi republik Indonesia. Selain merupakan tokoh proklamator Indonesia. Beliau adalah presiden republik Indonesia pertama yang memiliki nama asli Koesno Sosrodiharjo.

Biografi Ir Soekarno cukup panjang. Dalam perjalanan hidupnya, beliau begitu banyak melewati fase-fase kehidupan yang penuh perjuangan. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai Bapak Proklamator Indonesia ini, Berikut Biografi Ir Soekarno lengkap dengan perjalanan hidup beliau.

 

Latar Belakang Kehidupan

Ir Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia yang juga dikenal sebagai Bapak proklamator Indonesia. Dikatakan sebagai bapak proklamator karena memang beliaulah yang menjadi proklamator kemerdekaan RI pada tanggal 17 agustus 1945 lalu. Ir Soekarno dilahirkan pada tanggal 6 Juni 1901 di Blitar, Jatim.

Dan tinggal bersama orang tuanya di Blitar, jawa timur. Di masa kecilnya, Ir Soekarno juga sempat tinggal bersama kakeknya, yaitu Raden Hardjokromo yang tinggal di Tulung agung, Jawa Timur. Saat tinggal bersama kakeknya, Ir Soekarno bahkan sempat mengenyam sekolah di sana, meskipun tidak sampai tamat.

 

Riwayat Pendidikan Ir Soekarno

Kepindahan Ir Soekarno dari sekolah lamanya bukan tanpa alasan. Melainkan beliau harus mengikuti orang tuanya yang pada saat itu pindah ke Mojokerto. Dan pendidikan Ir Soekarno kembali dilanjutkan di Eerste Inlandse School, yang merupakan sekolah tempat ayahnya bekerja menjadi guru.

Biografi Soekarno
Gambar : historia.id

Hingga pada tahun 1911, Ir Soekarno kembali dipindahkan ke sekolah ELS yang merupakan sekolah setingkat sekolah dasar. Salah satu tujuan yang menyebabkan kepindahan tersebut yaitu agar nantinya Ir Soekarno bisa dengan mudah masuk ke sekolah HBS yang berada di Surabaya.

Biografi Ir Soekarno dalam hal pendidikan tidak sampai di situ. Setelah lulus dar sekolah HBS pada tahun 1915. Ir Soekarno kembali melanjutkan pendidikannya dengan cara menumpang tinggal bersama Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih dikenal dengan nama HOS Cokroaminoto. Beliau merupakan sahabat dari ayah Soekarno.

Bisa dibilang, dari sanalah Ir Soekarno mulai belajar mengenai dunia perjuangan. Dan juga menjadi pejuang sejati. Untuk menambah penjelasan mengenai biografi Ir Soekarno. Berikut dibahas pula rincian biografi Ir Soekarno singkat:

 

Nama Lengkap Kusno Sosrodihardjo
Nama Populer Ir. Soekarno
Tempat Lahir Surabaya, Hindia Belanda
Tanggal Lahir 6 Juni 1901
Tempat Meninggal Jakarta, Indonesia
Tanggal Meninggal 21 Juni 1970
Kebangsaan Indonesia
Profesi Tokoh politik, dan insinyur
Agama Islam

 

Biografi Ir Soekarno & Para Istrinya

Ir Soekarno merupakan putra dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Yang lahir pada tanggal 6 juni 1901 di surabaya, jawa timur. Dimasa kecilnya, Ir Soekarno dikenal dengan nama Kusno Sosrodihardjo.Namun di usianya yang ke 5 tahun, nama awal tersebut di ubah oleh orang tua beliau menjadi Soekarno karena dimasa kecilnya Ir Soekarno sering sakit.

Pergolakan politik serta perjuangan Ir Soekarno tidak lepas juga dukungan para wanita yang dijadikan istri. Kisah cinta beliau bahkan tercatat dalam sejarah. Dari sembilan istri Ir Sorkarno, mungkin kita lebih familiar dengan nama Fatmawati. Hal ini wajar karena beliaulah yang membantu menjahit bendera pusaka merah putih. Berikut ini nama – nama istri Ir Soekarno yang perlu anda ketahui:

  1. (Tahun 1920-1923) Oetari Tjokroaminoto
  2. (Tahun 1923-1943) Inggit Garnasih
  3. (Tahun 1943-1960) Fatmawati
  4. (Tahun 1954-1970) Hartini
  5. (Tahun 1959-1968) Kartini Manoppo
  6. (Tahun 1962-1970) Ratna Sari Dewi
  7. (Tahun 1963-1966) Haryati
  8. (Tahun 1964-1968) Yurike Sanger
  9. (Tahun 1966-1969) Heldy Djafar

 

Nama – Nama Anak Ir Soekarno

Dari kesemua pernikahan Ir Soekarno tersebut. Beliau dan kesembilan istrinya dikaruniai 10 orang anak.

Biografi Soekarno Singkat
Gambar : nu.or.id

Adapun nama dari semua anak Ir Soekarno yaitu sebagai berikut:

Dari pernikahannya bersama Fatmawati, Ir Soekarno dikaruniai 5 orang anak. kelima anak tersebut yaitu:

  • Guntur Sukarnoputra
  • Megawati Sukarnoputri
  • Rachmawati Sukarnoputri
  • Sukmawati Sukarboputri
  • Guruh Sukarnoputra

Dari pernikahannya bersama Hartini, Ir Soekarno dikaruniai 2 orang anak. kedua putra tersebut yaitu:

  • Taufan Sukarnoputra
  • Bayu Sukarnoputra

Dari pernikahannya bersama Haryati, Ir Soekarno dikaruniai 1 orang putra, yaitu:

  • Ayu Gembirowati

Dari pernikahannya bersama Ratna Sari Dewi, Ir Soekarno dikaruniai 1 orang anak, yaitu:

  • Karina Kartika Sari Dewi

Dari pernikahannya bersama Kartini Manoppo, Ir Soekarno dikaruniai 1 orang anak, yaitu:

  • Totok Suryawan Sukarnoputra

 

Pendidikan Ir Soekarno di Indonesia

Sebenarnya, sedikit riwayat pendidikan telah dibahas pada point kedua. Namun untuk memperjelas pemahaman mengenai pendidikan Ir Soekarno lebih dalam. Pada point ini, akan dibahas mengenai pendidikan apa saja yang pernah dienyam Ir Soekarno sebelum sampai pada titik tertinggi.

Setelah lulus sekolah ditingkat SD. Ir Soekarno kembali melanjutkan sekolah ke tingkat SMP yaitu Europeesche Large School yang berada di Mojokerto. Hingga pada tahun 1916 beliau kembali melanjutkan studinya disekolah Horgere Burgerschool. Yaitu sekolah yang setingkat dengan SMA.

Sedangkan dalam pendidikan perkuliahannya, Ir Soekarnomelanjutkan studinya ke perguruang tinggi institut teknologi bandung atau ITB. Tepatnya pada tahun 1926. Hingga di puncak pendidikannya, beliau berhasil mendapatkan gelar insinyur. Perjuangan beliau tidak hanya selesai pasca selesai pendidikannya saja. Justru babak baru perjuangan yang sebenarnya akan segera dimulai untuk dunia politik.

 

Kariernya di Dunia Politik

Karier Ir Soekarno di dunia politik diawali ketika beliau mulai bergabung dalam organisasi pemuda Jong Java. Dalam organisasi tersebut, beliau termasuk salah satu anggota yang cukup aktif. Tak jarang beliau juga ikut mencetuskan ide-ide yang berisi mengenai penentangan terhadap belanda. Bahkan beliau juga mulai mendirikan partai nasional indonesia atau PNI.

Dari semua tindakan tersebut, Ir Soekarno sampai sempat beberapa kali di tangkap, sampai dipenjarakan oleh Belanda. Bahkan beliau juga sempat diasingkan Belanda ke Bengkulu tepatnya pada tahun 1938 sampai tahun 1942. Pengasingan tersebut usai tepat saat masa penjajahan Jepang di Indoneisa.

Biografi Soekarno Lengkap
Gambar : merdeka.com

Setelah kebebasan tersebut, Ir Soekarno kembali aktif di dunia politik. Bersama tokoh-tokoh indonesia beliau kembali memulai strategi perjuangan untuk melawan Jepang yang pada saat itu tengah menjajah indonesia. Dalam perjuangan Ir Soekarno tersebut, Jepang sempat beberapa kali menawarkan kerjasama.

Sejarah biografi Ir Soekarno dalam memperjuangan kemerdekaan memang cukup panjang. Pada pertengahan perjuangan tersebut. tepatnya pada tahap persiapan kemerdekaan pada tahun 1943, Soekarno mulai menyiapkan perumusan rancangan pancasila dan undang-undang dasar 1945 atau UUD 1945.

Dalam tahap tersebut, beberapa kelompok dibentuk seperti BPUPKI, partai sembilan, dan PPKI. Hingga dipuncak kemerdekaan tepatnya pada 16 agustus 1945, Ir Soekarno sempat mengalami penculikan oleh golongan muda yang kini dikenal dengan peristiwa renggasdengklok.

Sebelumnya, artikel ini juga sudah pernah tayang di artikel berjudul Biografi Soekarno

Dalam penculikan tersebut, Ir Soekarno didesak oleh golongan muda agar beliau segera memperoklamasikan kemerdekaan indonesia. Hal itu dikarenakan, indonesia pada saat itu mengalami kekosongan kekuasaan. Karena pada tanggal 15 agustus 1945 jepang mengalami kekalahan oleh sekutu.

Akhirnya setelah melewati proses perundingan yang panjang. Pada tanggal 17 Agustus 1945 proklamasi kemerdekaan indonesia benar-benar dilakukan. Itu artinya, sejak tanggal 17 agustus 1945 pada pukul 10.00 WIB indonesia telah merdeka.

 

Ir Soekarno Sebagai Preside

Setelah mengumandangkan teks proklamasi yang menjadi tanda kemerdekaan indonesia, Pada tanggal 18 Agustus 1945 Ir Soekarno akhirnya ditunjuk untuk menjadi presiden republik indonesia yang pertama. Dipilih juga Mohammad Hatta sebagai wakil presidennya.

Jabatan ini, tentu pantas beliau dapatkan mengingat perjuangan serta peran beliau yang cukup besar bagi negri indoneisa. Tidak hanya itu, Ir Soekarno juga merupakan sosok yang dikenal dengan ketegasan dan keberaniannya.

Dalam masa kepemimpinannya, beliau sempat beberapa kali mengadakan konferensi Asia-Afrika di kota Bandung. Bahkan beliau juga sering memberikan ide-ide briliannya kepada dunia internasional.

Atas semua yang perjuangan Ir Soekarno itulah, beliau juga sering disebut sebagai founding father indonesia. Tidak hanya itu, untuk mengenang jasa Ir Soekarno tersebut. nama beliau banyak dijadikan sebagai nama objek dan tempat seperti jalan, stadion dan bandara. Selain itu, Ir Soekarno juga telah diresmikan sebagai pahlawan proklamator Indoneisa.

Leave a Comment