Biografi Chairul Tanjung

Biografi Chairul Tanjung Singkat

Biografi Chairul Tanjung – Chairul Tanjung merupakan salah satu contoh orang yang berhasil mendaki tangga kesuksesan. Sosok yang sering dikenal sebagai si anak singkong ini, mampu membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin selagi kita memiliki tekad kuat dan mau berusaha.

Jika anda telah membaca buku Chairul Tanjung si anak singkong tentu sedikit banyak telah mengenal biografi beliau.

Jabatan dalam kabinet yang pernah dipegang Chairul Tanjung yakni menjadi Menko Perekonomian hingga pelaksana tugas menteri kehutanan pada masa pemerintahan SBY.

Bahkan pada tahun 2010 Chairul Tanjung juga dinyatakan sebagai orang terkaya dengan urutan ke 5 di Indonesia. Lebih jauh mengenai biografi Chairul Tanjung si anak singkong. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

 

Biografi Chairul Tanjung pada Masa Pra Suksesnya

Chairul Tanjung si anak singkong merupakan putra dari pasangan Abdul Ghafur Tanjung dan Halimah, yang lahir pada tanggal 16 Juni 1962.

Ayah Chairul Tanjung, Abdul Ghafur merupakan seorang wartawan kelahiran Sibolga yang bertugas pada masa orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah minim. Sedangkan ibu Chairul Tanjung, Halimah merupakan ibu rumah tangga biasa yang berasal dari daerah Cibadak, jawa barat.

Biografi Chairul Tanjung Singkat
Gambar: finansialku.com

Dimasa kecilnya, Chairul Tanjung bukan termasuk orang yang lahir dari keluarga kaya. Melainkan hanya dari keluarga menengah kebawah bersama orang tuanya dan keenam saudaranya.

Dalam cerita biografi Chairul Tanjung pada masa kecil, beliau sempat pindah dan tinggal ke kamar losmen yang sempit karena rumahnya terpaksa dijual. Karena usaha yang digeluti ayahnya harus tutup karena dianggap berseberangan secara politik dengan penguasa pada waktu itu.

 

Riwayat Pendidikan Chairul Tanjung

Pendidikan dimasa kecilnya, beliau enyam di sekolah dasar dan juga sekolah menengah pertama atau SMP Van Lith, jakarta pada tahun 1975. Kemudian dilanjutkan ke SMA Negeri 1 Boedi Oetomo pada tahun 1981.

Dan berhasil lulus pada tahun 1987, sebagai mahasiswa Universitas Indonesia dari fakultas Kedokteran Gigi.

Meskipun bukan berasal dari keluarga atas. Namun, riwayat pendidikan Chairil tanjung terbilang baik. Pendidikan Chairul Tanjung kembali berlanjut hingga pada tahun 1993, Chairul berhasil mendapatkan gelar MBAnya dari Executive Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen atau IPPM

 

Perjalanan Karir

Berasal dari keluarga menengah kebawah tidak membuat Chairul Tanjung menjadi patah arang. Beliau tetap gigih dan berusaha hingga kini buah dari kesungguhan tersebut terlihat begitu nyata.

Chairul Tanjung yang dulu pernah tinggal di kamar yang sempit kini terbayarkan oleh kesuksesannya. Rumah mewah Chairul Tanjung tentu kini menjadi jawaban untuk setiap usaha dan kerja keras yang beliau lakukan..

Tidak hanya itu, Chairul Tanjung kini juga telah dinyatakan sebagai orang terkaya di dunia diurutan ke 973 versi majalah Forbes. Namun siapa sangka, sebelum sampai di puncak kejayaan tersebut. Kisah hidup dalam biografi Chairul Tanjung dimulai dari seorang pedagang kecil-kecilan.

 

Chairul Tanjung di Dunia Bisnis

Demi membiayai kebutuhan kuliahnya, pada masa itu Chairul Tanjung sempat menjadi pedagang buku-buku kuliah, foto copy, sampai menawarkan jasa pembuatan kaos. Tidak hanya itu, meskipun mengalami kebangkrutan.

Biografi Chairul Tanjung
Gambar: elrajab.com

Chairul tanjung juga sempat mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan juga laboratorium di daerah Senen, Jakarta Pusat.

Usaha keras yang dilakukan Chairul Tanjung inilah, yang membuat apa yang beliau dapatkan sampai saat ini begitu pantas beliau dapatkan. Mengingat meskipun menjalani kuliah sambil bekerja. Namun Chairul Tanjung mampu mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional tahun 1984-1985.

Perjalanan biografi Chairul Tanjung masih berlanjut. Kegagalannya untuk membangun toko peralatan kedokteran dan laboratorium. Kembali mendorong Chairul Tanjunguntuk membuka usaha baru.

Dan selanjutnya, usaha kontraktor kembali didirikan Chairul Tanjung. Meskipun lagi-lagi usaha yang beliau dirikan mengalami kebangkrutan. Dan menyebabkan Chairul Tanjungharus bekerja di perusahaan baja dan sempat pindah ke perusahaan rotan.

 

Bisnis Sepatu Chairul Tanjung dan Tiga Rekannya

Setelah kelulusan Chairul Tanjung dari fakultas kedokteran gigi di universitas indonesia. Bersama tiga rekannya, Chairul Tanjung mendirikan bisnis sepatu anak-anak ekspor dengan nama PT Pariarti Shindutama. Dengan modal awal yang beliau pinjam di Bank Exim sebesar Rp. 150 juta.

Usaha sepatu kali ini, cukup menguntungkan bagi Chairul Tanjung. Karena setelah pendirian tersebut, Chairul Tanjungberhasil memperoleh pesanan 160 ribu pasang sepatu dari italia. Yang akhirnya membuat bisnis yang beliau dan ketiga rekannya dirikan maju pesat.

Namun sayangnya, kemajuan tersebut menimbulkan jalan buntu dalam kerjasama diantara Chairul Tanjung dan ketiga rekannya. Hal tersebut disebabkan karena visi dalam hal ekspansi usaha diantara mereka berbeda.

Sehingga pada saat itu, Chairul Tanjung memutuskan untuk memisahkan diri dan mendirikan bisnisnya sendiri.

Dalam usaha baru yang Chairul Tanjung dirikan. Beliau mencoba membangun relasi ke berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan yang ternama sampai dengan perusahaan yang belum terkenal sekalipun.

Selain itu, Chairul Tanjung juga mengarahkan bisnis yang beliau dirikan ke konglomerasi. Yaitu perusahaan yang mempunyai beragam bisnis dan tidak ada kaitan antara satu sama lain dengan mereposisikan diri pada tiga bisnis inti, yaitu keuangan, properti, dan Multimedia.

Ringkasan cerita Chairul Tanjung si anak singkong berlanjut dengan didaulatnya Chairul Tanjung menjadi pelaksana tugas menteri kehutanan Indonesia dan Menteri Energi dan sumber Daya Mineral oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menanamkan perusahaan tersebut dalam Group.

 

Daftar Perusahaan

Berlanjut pada perusahaan konglomerasi yang Chairul Tanjung dirikan. Perusahaan ini mempunyai para inti Holdindo sebagai father holding company. Yang membawahi beberapa sub holding.

Biografi Chairul Tanjung Lengkap
Gambar: merdeka.com

Seperti para global investindo (bisnis keuangan), para inti propertindo (properti), dan para inti investindo (media dan investasi).

Oleh karena perkembangan bisnis Chairul Tanjung tersebut. Beliau menjadi lebih senang mengakuisi perusahaan dibandingkan dengan membangun bisnis. Hal tersebut disebabkan karena beliau tidak memiliki waktu untuk membangun dari nol.

Sehingga lebih memilih mengakuisi perusahaan-perusahaan yang telah beliau miliki.

 

Puncak Karir dalam Biografi Chairul Tanjung

Semakin berkembang dan melejitnya usaha yang Chairul Tanjung jalani. Kini beliau mampu mencapai puncak karirnya. Chairul tanjung juga semakin terkenal. Karena selain menjadi bos dari CT Corp. Beliau juga berhasil mengembangkan sayapnya dalam bisnis penyiaran Trans Crop dan Trans TV.

Bukan hanya itu, Chairul Tanjung juga telah menjadi pengusaha sukses yang memiliki Bank Mega. Dan pada tanggal 16 mei 2014 sempat ditunjuk menjadi Menko Perekonomian oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat dirinya tengah menjabat sebagai ketua komite ekonomi nasional (KEN).

Pada saat itu, Chairul Tanjung ditunjuk untuk menggantikan Hatta Rajasa yang mengundurkan diri karena akan mencalonkan diri untuk maju menjadi calon wakil presiden dari Prabowo Subianto dalam pilpres 2014.

 

Perusahaan yang Berhasil Chairul Tanjung Bangun

Dalam biografi Chairul Tanjung. Kesuksesan Chairul tanjung membuat suami dari Anita Tanjung berhasil mengakuisi berbagai perusahaan. Saat ini saja, mantan Menko Perekonomian pada masa presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini telah memiliki sejumlah perusahaan di bidang keuangan.

Diantaranya, Asuransi Umum Mega, Para Multi Finance, Asuransi Jiwa Mega Life, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syari’ah, dan Mega Finance.

Tidak hanya itu, perusahaan lain yang juga dimiliki oleh Chairul Tanjung yaitu CT Corp. Setelah diresmikan dari para group pada tanggal 1 Desember 2011.

CT Corp juga membawahi beberapa anak perusahaan, antara lain para Bandung Propertindo, para Bali Propertindo, Mega Indah Propertindo, dan juga Batam Indah Investindo.

Setelah peresmian perubahan nama pada tanggal 1 Desember tersebut. Sub holding Chairul Tanjung kini berganti menjadi Mega Crop, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, retail, gaya hidup, hiburan, dan juga sumber daya alam.

Biografi Joko Widodo

Dhimas V. R.
3 min read

Biografi Ridwan Kamil

Dhimas V. R.
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *