Biografi Bob Sadino

Biografi Bob Sadino – Nama Bob sadino sudah tidak asing lagi bagi telinga masyarakat Indonesia, apalagi yang bergelut di dunia bisnis dan kewirausahaan. Biografi Bob Sadino pun kian banyak dicari karena kisah hidup beliau yang sangat inspiratif.

Pengusaha yang memiliki nama asli Bambang Mustari Sadino itu merupkan pengusaha sukses Indonesia. Penampilan nyentrik dengan kemeja serta celana pendek merupakan penampilan khas pengusaha yang satu ini.

Beliau merupakan pemilik dari Kemfood serta Kemchick yang bergerak dibidang pangan serta peternakan.

Bob Sadino memiliki keyakinan dan kepemahaman berbeda tentang dunia kewirausahaan dari kebanyakan orang. Bahkan Om Bob (panggilan akrab Bob Sadino) mempunyai slogan “Bodoh pangkal kaya”.

Tetapi justru hal tersebut yang mengantarkan Bob Sadino ke jalan kesuksesan besar seperti yang ia raih saat ini. Jika anda ingin mendapat dorongan semangat berwirausaha, simaklah biografi Bob Sadino berikut ini.

 

Latar Belakang dan Keluarga

Bob Sadino mempunya nama asli Bambang Mustari Sadino. Beliau lahir di Tanjung Karang atau yang sekarang bernama Bandar Lampung pada 9 Maret tahun 1933.

Biografi Bob Sadino Lengkap
Gambar: www.cermati.com

Bob Sadino terlahir di tengah  keluarga yang hidupnya berkecukupan dari segi materi. Beliau merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Ketika orang tuanya wafat, Bob Sadino masih berumur 19 tahun dan beliau mewarisi seluruh kekayaan dari keluarganya. Hal itu dikarenakan semua saudara kandungnya dianggap sudah hidup berkecukupan.

Bob Sadino wafat pada awal tahun 2015 pada usia ke 81 tahun karena kesehatannya yang terus menurun semenjak sang istri meninggal dunia. Dengan pakaian khasnya yang nyentrik, banyak yang tidak menduga jika agama Bob Sadino adalah islam.

Bob Sadino mempunyai seorang istri yang bernama Soelami Soejoed. Om Bob bertemu istrinya ini ketika beliau hidup di Belanda. Dari pernikahannya ini Bob Sadino dikaruniai dua orang putri.  Anak Bob Sadino yang pertama bernama Mira Andiani serta yang kedua Shanti Dwi. Dari kedua putrinya, bob sadino juga mempunyai empat orang cucu.

 

Perjalanan Karir

Biografi Bob Sadino pasti dipenuhi oleh lika liku sebagai suatu hal yang harus dihadapi oleh semua yang ingin menjadi pengusaha sukses. Perjalanan karirnya dimulai saat sang ayah wafat dan meninggalkan harta warisan untuknya.

Berbeda dari kebanyakan orang yang memanfaatkan harta warisan untuk tabungan masa depan, Bob Sadino muda malah menggunakannya untuk keliling dunia. Perjalanan panjangnya akhirnya berhenti di negri kincir angin, Belanda.

Bob Sadino kemudian tinggal di Belanda selama kurang lebih sembilan tahun. Di negri orange inilah Om Bob bertemu dengan sang pujaan hati yang menjadi istrinya, yaitu Soelami Soejoed. Di Belanda ini Bob Sadino bekerja menjadi seorang karyaman di perusahaan Djakarta Lylod yang berlokasi di Amsterdam dan Hamburg.

Setelah hidup selama Sembilan tahun di Belanda, akhirnya pada tahun 1967 Bob Sadino pulang kembali ke Indonesia. Ia membawa serta keluarganya dan juga 2 Mercendes mewahnya yang merupakan produk tahun 1960.

Salah satu mobilnya kemudian ia jual dan satunya lagi ia sewakan dengan Om Bob sendiri yang menjadi sopirnya. Uang hasil menjual mobilnya digunakan untuk membeli tanah di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

 

Masa Kelam Kehidupan

Suatu permasalahan pun terjadi pada kehidupan Om Bob, yaitu ia mengalami kecelakaan yang membuat mobilnya hancur. Om Bob sempat tertekan karena ia telah kehilangan sumber penghasilan satu satunya saat itu. Bob Sadino kemudian mencoba alih profesi menjadi tukang batu dengan gaji sekitar Rp 100 per hari.

Sebenarnya istrinya mampu membantu perekonomian kelurga, karena sang istri mempunyai pengalaman menjadi sekertaris saat masih di Belanda. Namun Om Bob melarang istrinya, karena ia berpendapat mencari nafkah merupakan tugas suami. Istrinya pun menurut dan membiarkan Om Bob berusaha mencari nafkah.

Biografi Bob Sadino
Gambar: www.paper.id

Suatu ketika, salah satu temannya member saran kepada Om Bob agar ia memelihara ayam guna melawan depresinya. Bob Sadino pun tertarik terhadap saran yang diberikan dan ia pun mulai mencoba beternak ayam. Inspirasi Bob Sadino untuk berwirausaha muncul saat ia beternak ayam.

Ia melihat peluang usaha berjualan telur ayam negri, karena pada saat itu masih tidak ada yang menjualnya. Bob sadino dan sang istri berjualan telur dimula dari pintu ke pintu dan mereka mengalami banyak penolakan.

Hal itu dikarenakan telur yang dijual berbeda dari telur yang banyak beredar pada saat itu. Untungnya di daerah tempat tinggal Bob Sadino terdapat banyak orang asing, sehingga mereka itulah yang kemudian menjadi pelanggannya.

 

Awal Karir Bisnis

Dalam proses berjualan telur berkeliling inilah ia dan sang istri banyak menuai kritik pedas. Om Bob berusaha bersabar dan mencoba mengerti apa yang dikehendaki oleh pelanggan. Bob Sadino pun mula memperbaiki produk serta layanannya terhadap konsumen. Hingga usahanya kian membesar sampai berbentuk sebuah swalayan yang banyak diminati.

Bob Sadino kemudian tidak hanya berjualan telur saja, melainkan juga sayuran yang dibudidayakan dengan hortikultura. Bahkan diyakini bahwa Bob Sadino merupakan orang pertama yang memperkenalkan teknik budidaya hortikultura di Indonesia. Oleh  karena itu, Om Bob menjalin kerja sama dengan petani di berbagai daerah.

Bob Sadino meyakini bahwa setiap kesuksesan selalu diawali dengan kegagalan kegagalan. Perjalanan bisnisnya tidak selancar yang dibayangkan banyak orang. Ia serta istrinya seringkali jungkir balik dalam menghadapi berbagai permasalahan yang datang tak terduga. Bagi Bob Sadino uang bukanlah nomor satu, yang terpenting adalah komitmen, kemauan, berani dalam mencari dan memanfaatkan peluang.

 

Rumus Sukses Bob Sadino

Keberhasilan yang dicapai Bob Sadino tidak lepas dari ketidaktahuannya yang membuatnya  terjun langsung ke lapangan. Setelah terjatuh berkali kali, Bob Sadino trampil serta menguasai bidang yang ia geluti selama ini. Proses keberhasilan dari Bob Sadino berbeda dari kebanyakan orang sukses lainnya.

Biografi Bob Sadino Singkat
Gambar: nasional.sindonews.com

Pada umumnya orang memulai dari ilmu dahulu, kemudian praktik, setelah itu baru menjadi trampil serta profesional. Tetapi Bob Sadino memulai dari praktik yang kemudian menghasilkan ilmu dan menjadikannya ahli dibidangnya.

Menurut Bob Sadino, kebanyakan orang memulai dari ilmu, kemudian berpikir serta bertindak arogan, sebab mereka merasa mempunya ilmu yang telah melebihi orang lain.

Sementara Bob Sadino selalu bersikap luwes kepada setiap pelanggan, berkenan mendengarkan saran maupun keluhan dari pelanggan. Dengan demikian Bob Sadino mendapatkan simpati dari pelanggan serta mampu menciptakan pasar.

Menurutnya, kepuasan pelanggan pasti akan menimbulkan kepuasan pada diri sendiri. Karenanya Om Bob selalu berusaha untuk  melayani pelanggan sebaik baiknya.

 

Berapa Jumlah Kekayaan Bob Sadino?

Tidak ada sumber terpercaya yang menyebutkan berapa jumlah kekayaan Bob Sadino. Tetapi anda bisa membayangkan atau memperkirakan setelah anda mendapatkan info mengenai perusahaan milik Bob Sadino. Jumlah perusahaan yang didirikan Bob Sadino ada lima perusahaan.

Perusahaan pertama yang didirikan oleh Bob Sadino bernama PT Kemfood atau Kemang Food Industries. Perusahaan Om Bob ini nyatanya menjadi pelopor produksi daging olahan di Indonesia. Perusahaan selanjutnya adalah PT Kemfarm yang bergerak dibidang agribisnis atau produk pertanian Perusahaan ini berpusat di Kota semarang.

Produk pertanian yang dihasilkan Kemfarm memiliki kualitas tinggi, karenanya produk Kemfarm di ekspor ke Jepang. Beberapa produk andalannya adalah lobak, ubi manis serta terung. Jumlah ekspor dari perusahaan ini mencapai 10 ribu ton per bulan. Perusahaan lainnya adalah Kemchick, The Mansion dan juga Kem Trevel.

Ia memang sudah berpulang, namun lewat biografi Bob Sadino yang  menginspirasi banyak orang, ia akan dikenang. Kisah hidup yang penuh semangat dalam berwirausaha ini bisa menjadi pecutan tersendiri bagi kita untuk terus berusaha. Kata kata Bob Sadino juga menjadi motivasi tersendiri saat sudah lelah dalam berusaha.

Leave a Comment