Biografi Bill Gates

Biografi Bill Gates – Bill Gates, mungkin nama itu sudah tidak asing lagi di telinga anda. Hal itu dikarenakan Bill Gates termasuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia lewat karyanya yang sering kita gunakan. Bill Gates merupakan pendiri Microsoft yang pastinya sudah tidak asing dalam kehidupan anda.

Bill Gates bisa dikatakan sebagai pengusaha sukses yang dijadikan acuan oleh banyak pengusaha pada saat ini. Kisah hidupnya yang sungguh menginspirasi mampu dijadikan motivasi ampuh bagi siapa saja yang ingin sukses.

Selain itu, kata kata dari Bill Gates juga mampu mengobarkan semangat perjuangan. Berikut adalah biografi Bill Gates, seorang pengusaha yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Bill Gates dan Keluarganya

Bill Gates terlahir di Washington, Amerika pada tanggal 28 Oktober 1955. Bill Gates dikaruniai 3 orang anak dari istrinya yang bernama Melinda Gates. Keluarga Bill Gates termasuk golongan menengah ke atas.

Biografi Bill Gates
Gambar: beritahati.com

Ayahnya yang bernama William H Gates merupakan seorang pengacara ternama. Sementara sang ibu yang bernama Mary Maxwell Gates adalah anggota dewan di Firs Interstate Banc System.

Bill Gates dikaruniai tiga orang anak dengan dua anak perempuan dan satu anak laki laki. Anak Bill Gates yang pertama bernama Jennifer Katharine Gates yang merupakan mahasiswi Stanford University mengambil jurusan biologi.

Dibandingkan adik adiknya, Jennifer jauh lebih terkenal karena aktif di sosial media dan sering ikut sang ayah saat talkshow. Anak kedua yang bernama Rory John Gates dan yang ketiga bernama Phoebe Adele Gates lebih tertutup karena dijaga oleh sang ayah.

Pendapat Bill Gates Tentang Tuhan

Anda tentu penasaran, apakah tokoh se-sukses Bill Gates percaya akan adanya Tuhan. Bahkan setidaknya menganut kepercayaan agama tertentu. Tidak jarang, tokoh dunia yang mempunyai pencapaian tinggi justru mengakui secara terang – terangan bahwa dirinya seorang Atheis.

Namun hal ini tidak ditemui pada sosok seorang Bill Gates.

Agama Bill Gates kemungkinan adalah Kristen atau Katolik. Hal ini sesuai dengan keterangannya saat ditanya masalah Tuhan. Bill Gates mengungkapkan bahwa sistem agama memang hal yang sangat penting. Itulah mengapa ia dan keluarganya pergi ke gereja.

Latar Belakang Bill Gates 

Gates sudah tertarik dengan komputer sejak ia masih anak anak, yaitu sekitar usia 13 tahun. Perjumpaan pertamanya dengan komputer adalah saat Mother Club yang berada di Lakeside School (Sekolah Bill Gates) membeli komputer.

Biografi Bill Gates Lengkap
Gambar: fortune.com

Beberapa komputer yang dibeli berjenis General Electric (GE) dengan sebuah terminal, yaitu Teletype Model 33 ASR. Bill Gates kecil mulai tertarik dengan kemampuan komputer dalam meng-eksekusi kode dan juga tertarik dengan perangkat lunak.

Bill Gates mulai mempelajari sistem komputer, seperti sistem mini komputer DEC PDP yang merupakan milik CCC atau Computer Center Corporation. Bersama 3 orang temannya, Bill Gates pun mulai mengeksploitasi bug di sistem operasi.

Tapi mereka akhirnya ketahuan dan dilarang mengakses sistem oleh pihak CCC saat musim panas. Setelah hukuman mereka berakhir, pihak CCC memberikan tawaran agar mereka menemukan bug lain pada perangkat lunak CCC.

Project Pertama Bill Gates 

Di CCC ini, Bill Gates serta tiga orang temannya, yaitu Paul Allen, Ric Welland, dan Kent Evans mempelajari beberapa program. Salah satu program yang dipelajari mereka merupakan bahasa FORTAN dan LISP. Bill Gates dan teman temannya di CCC hingga perusahaan itu tutup yang disebabkan mengalami kebangkrutan.

Pada tahun selanjutnya mereka dipekerjakan oleh pihak Information Sciences untuk membuat program gaji yang ditulis dengan bahasa COBOL. Selain itu pihak sekolahnya pun meminta Bill Gates untuk membuatkan program pengaturan jadwal.

Bill Gates dan juga Paul Allen kemudian mendirikan Traf-O-Data ketika berusia 17 tahun. Traf-O-Data ini hanya fokus di sistem perhitungan lalu lintas dengan menggunakan prosesor Intel 8008.

Setelah lulus sekolah pada tahun 1973, Bill Gates meneruskan pendidikannya ke Harvard College. Di sanalah dia bertemu dengan Steve Ballmer yang suatu saat menjadi CEO Microsoft menggantikan Bill Gates.

Di Harvard ini Bill Gates merancang sebuah solusi untuk serentetan masalah yang belum terpecahkan berupa algoritme. Solusi yang diberikan Bill Gates akhirnya memegang rekor tercepat selama kurun waktu 30 tahun.

Awal Mula Berdirinya Microsoft

Pada tahun 1975, MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems) meluncurkan Altair 8800 dengan basis CPU intel 8080. Hal ini dipandang sebagai sebuah peluang besar oleh Bill Gates dan ia pun tidak menyia-nyiakannya.

Biografi Bill Gates Singkat
Gambar : esquire.com

Bill Gates segera menghubungi pihak MITS dengan mengatakan bahwa dia beserta teman temannya tengah mengerjakan penerjemah untuk BASIC. Sebenarnya Bill Gates pada saat itu belum mengerjakan kode BASIC dan melakukan itu hanya agar pihak MITS tertarik.

Presiden MITS menanggapi hal tersebut dan berencana untuk menemui Bill Gates beserta teman temannya. Mereka pun mula mengembangkan sebuah emulator Altair lalu mengerjakan penerjemah kode BASIC.

Karena hal ini mereka dipekerjakan di MITS, sehingga membuat Bill Gates memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Bersama Allen, Gates kemudian mendirikan perusahaan kemitraan yang diberi nama “Micro-Soft”.

Satu tahun kemudian tanda penghubung pada nama perusahaannya dihilangkan. Tanggal 26 November 1976 Microsoft didaftarkan ke Kementerian Luar Negri di New Mexico. Microsoft pun mulai dikenal masyarakat luas, terutama oleh penggemar komputer.

Namun, salinan pra pasarnya bocor dan meluas dikalangan masyarakat. Menanggapi hal tersebut Bill Gates menuliskan surat berita ke MITS yang berisi sebuah keterangan.

Keterangan tersebut adalah bahwa MITS tidak diperbolehkan mempertahankan, mendistribusikan maupun memproduksi perangkat lunak dengan kualitas tinggi tanpa bayar. Dengan demikian, Microsoft telah berdiri sendiri dan terlepas dari MITS.

Seberapa Banyak Kekayaan Bill Gates?

Bill Gates merupakan pengusaha yang berhasil meraih kesuksesan besar. Hal itu menjadikannya orang terkaya di dunia. Biografi Bill Gates pun banyak dipelajari oleh para pengusaha karena kisah hidupnya memang inspiratif.

Bill Gates tak serta merta menjadi orang terkaya di dunia, karena dia melalui perjuangan panjang dan berat. Bahkan ada yang mengatakan Bill Gates hanya tidur 8 jam dalam seminggu saat dia tengah mengerjakan Windows.

Karena kerja kerasnya itu Microsoft dikenal masyarakat luas dan disukai oleh banyak pengguna. Popularitas Microsoft meningkat tajam karena kualitasnya yang memang sesuai kebutuhan dan mampu menyelesaikan masalah.

Karenanya kekayaan Bill Gates mencapai hingga 92.4 miliar dolar atau setara dengan 1.283 triliun rupiah.

Jika dihitung, maka Bill Gates mempunyai penghasilan sekitar 250 dolar setiap detiknya. Jadi Bill Gates tidak perlu khawatir saat dia menjatuhkan uang sebesar 1.000 dolar karena mampu dikembalikan dalam waktu 4 detik.

Bill Gates diperkirakan mampu melunasi utang Amerika Serikat yang berjumlah 5,62 triliun dolar dalam kurun waktu 10 tahun. Bahkan Bill Gates mampu menyumbangkan 15 dolar kepada setiap orang di seluruh dunia dan tetap menyisakan sekira 5 juta dolar untuk dirinya sendiri.

Bill Gates Orang Terkaya yang Dermawan

Walau mempunyai kekayaan yang luar biasa, namun Bill Gates tetap rendah hati dan terkenal sebagai orang yang dermawan. Lewat sebuah yayasan yang didirikannya yang bernama Bill & Melinda Gates, dia telah banyak membantu berbagai permasalahan.

Mulai dari kemiskinan, kesehatan, hingga pendidikan di kawasan Afrika dan Asia. Bahkan yayasan ini telah menyumbangkan uang mencapai 37,1 miliar dolar.

Kisah Bill Gates telah mengajari kita bagaimana seharusnya sikap kita dalam mencapai tujuan, yaitu kesuksesan. Bill Gates juga memberi pelajaran tentang mempergunakan harta yang kita punya untuk menolong sesama.

Dan masih ada beberapa pelajaran berharga lainnya yang dapat anda temukan dari biografi Bill Gates, sang pendiri Microsoft yang dermawan.